Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perilaku organisasi dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada PT. Eagle Indo Pharma. Salah satu cara perusahaan dalam membentuk identitas organisasinya adalah dengan mengintegrasi perilaku manusia. Perusahaan perlu membangun lingkungan pekerjaan yang senang agar dapat menciptakan interpretasi dan persepsi yang positif terhadap pekerjaannya. Kepedulian perusahaan terhadap kebutuhan dan hak pegawai-pegawainya perlu dengan situasi bekerja pada saat pandemi ini.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif-kausal yang menggunakan asas positivisme. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan mengambil 83 orang pegawai sebagai sampel pada penelitian ini. Data yang didapatkan pada penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuisioner melalui Google Form. Kuisioner berisikan 33 item pernyataan dengan skala pengukuran Likert.
Berdasarkan hasil pengujian ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan perilaku organisasi pegawai terhadap kepuasan kerja pegawai sebesar 42,2%, terdapat pengaruh positif dan signifikan iklim organisasi pegawai terhadap kepuasan kerja pegawai sebesar 51,5% serta terdapat pengaruh positif dan signifikan perilaku organisasi dan iklim organisasi secara bersama-sama terhadap kepuasan kerja pegawai sebesar 54,4%. Iklim organisasi memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan kerja pegawai, dibanding perilaku organisasi. Berdasarkan nilai yang diperolah dari uji hipotesis atau uji t, maka dapat disimpulkan bahwa signifikasi t 0,000 < 0,05 dan nilai thitung (X1) 2,036 > ttabel 1,990 serta nilai thitung (X2) 4,216 > 1,990. Maka dapat diartikan bahwa H0 ditolak dan H1, H2, dan H3 diterima. Sehingga, PT. Eagle Indo Pharma dapat menambahkan atau menyeimbangkan waktu lama bekerja dan waktu istirahat, menyeimbangkan kemampuan pegawainya dengan target produksi yang diberikan, dan menyesuaikan gaji/upah yang diberikan kepada pegawainya.
Kata kunci: iklim organisasi, kepuasan kerja, komunikasi, perilaku organisasi