Wardah merupakan pelopor produk kecantikan dengan kandungan yang halal di
Indonesia dan telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia
(MUI).Wardah didirikan oleh Nurhayati Subakat pada tahun 1995 dibawah naungan
PT Paragon Technology & Innovation (PTI). Perilaku konsumtif masyarakat
Indonesia juga berimbas pada loyalitasnya pada sebuah merek termasuk pada
Wardah. Konsumen kosmetik sering kali berganti-ganti merek kosmetik dengan
berbagai macam alasan. Hal inilah yang mempengaruhi tingkat loyalitas mereka pada
suatu merek karena selalu mencoba dan pindah ke merek-merek lain dan tidak ada
kesetiaan terhadap merek Wardah.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand trust
terhadap brand loyalty pada pelanggan Wardah. Tujuan dilakukannya penelitian ini
adalah untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana brand image dan brand trust
pada Wardah, serta besarnya pengaruh brand image dan brand trust secara simultan
dan parsial terhadap brand loyalty pada Wardah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif dan asosiatif kausal. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik non probability sampling dengn jenis sampling purposive, dengan
jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif dan analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif semua variabel yang dipakai oleh peneliti
yaitu brand image, brand trust dan brand loyalty secara keseluruhan mempunyai
hasil dalam kategori baik. Hasil dari analisis regresi liniear berganda variabel brand
image dan brand trust secara simultan berpengaruh positif terhadap variabel brand
loyalty pada Wardah. Besarnya pengaruh brand image dan brand trust secara
bersama-sama sebesar 57,4% terhadap brand loyalty dan sisanya 42,6% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Secara parsial variabel brand
image dan brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty.
Kata Kunci : Brand Image, Brand Loyalty, Brand Trust, Wardah