Kebiasaan dan kebutuhan konsumen berubah setelah adanya Pandemi Covid 19. Segala perkembangan usaha membawa perilaku usaha untuk terus berjuang dan mempertahankan nilai produknya agar unggul di pasaran dan tetap diingat oleh konsumen. Terjadi penurunan minat beli terhadap Esgotado, yang menjadi objek penelitian yang menjual apparel, dengan meningkatnya permintaan untuk membeli barang-barang yang dianggap lebih dibutuhkan dan menjadi prioritas saat pandemi sekarang. Permasalahan yang ada di Esgotado ialah sering mengalami keterlambatan bahan baku. Sehingga menganggu proses bahan masuk hingga proses produksi. Esgotado belum optimal dalam mengatasi masalah Inbound Logistic sehingga peneliti perlu melakukan sebuah perancangan strategi penyediaan bahan baku dari pemasok yang dikembangkan oleh Model Kraljic pada Esgotado. Melalui penelitian ini diharapkan Esgotado mampu mengetahui portofolio dari para pemasoknya, difokuskan pada produk tas Esgotado yang menjadi primadona produk Esgotado, lalu memahami bagaimana strategi pembelian yang dapat mereka lakukan agar dapat memaksimalkan value perusahaan.
Metode penelitian yang dilakukan adalah menggunakan metode kualitatif dan matriks kraljic untuk mendapatkan strategi procurement dilakukan wawancara dengan pemilik Esgotado dan staff inventory Esgotado. Hasil wawancara yang didapatkan dari pemilik dan staff inventory akan dianalisis menggunakan excel spent categories hingga menjadi rancangan Kraljic Matrix dan adanya strategi perencanaan pada Esgotado.