Sumber daya manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam semua
sektor, sektor pendidikan salah satunya. Untuk dapat bersaing dengan negara lainnya,
maka suatu negara harus memiliki kualitas pendidikan dan tenaga pendidikan yang
baik. Guru yang menjadi tenaga pendidik perlu mempunyai motivasi untuk tetap
mengabdi kepada negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor
motivasi yang paling dominan diantara 13 faktor di sekolah dasar negeri gugus 08 Kab.
Sleman.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian
deskriptif. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang melibatkan seluruh
populasi guru sebanyak 50 orang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian
ini adalah teknik analisis faktor, untuk mengetahui faktor motivasi mana yang paling
dominan pada guru di sekolah dasar negeri gugus 08 Kab. Sleman.
Penelitian ini menghasilkan lima faktor dominan yaitu, kenaikan jabatan,
kebutuhan kekuasaan dan kestabilan kerja, kebutuhan afiliasi dan status, lingkungan
kerja, serta kebutuhan prestasi. Dimana komponen terbesar di raih oleh kenaikn
jabatan dengan memperoleh presentase sebesar 35,6%.