PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) adalah Badan Usaha Milik
Negara (BUMN) yang bergerak di bidang jasa layanan teknologi informasi dan
komunikasi (TIK) dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. PT. Telkom Indonesia
memiliki banyak produk layanan salah satunya pijar sekolah. Pijar sekolah
merupakan aplikasi digital yang membantu sekolah dalam melakukan manajemen
system informasi sekolah secara digital dan terintregasi. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan bauran pemasaran jasa
(Marketingmix) pada pijar sekolah. Jenis penelitian ini deskriptif dengan
pendekatan kualitatif. Analisis dilakukan dengan mencari informasi dari informan
dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi perusahaan. Data
yang diperoleh lalu dianalisis keabsahannya menggunakan trianggulasi teknik
pengumpulan data dengan membandingkan jawaban dari informan,
menggabungkan jawaban dan mengambil kesimpulan dari jawaban para informan
tersebut. Berdasarkan hasil penelitian pijar sekolah yang dipasarkan oleh
PT.Telkom Indonesia khusunya WITEL (Wilayah Telkom) Bandung menerapkan
unsur-unsur marketing mix yang teridiri dari produk (poduct), harga (price), tempat
(place), promosi (promotion), orang (people), sarana fisik (physical evidence),
proses (process). Dari ke 7 bauran pemasaran (marketing mix) sudah diterapkan
oleh PT.Telkom Indonesia witel Bandung namun dalam penerapan bauran
pemasaran (marketing mix) tersebut memiliki 4 strategi pemasaran yang menjadi
hambatan/permasalahan dilapangan yaitu produk (product), harga (price), orang
(people) dan promosi (promotion).
Kata kunci: Pemasaran, Bauran Pemasaran, Aplikasi Pembelajaran