Berdasarkan hasil riset MarkPlus Inc mengenai e-commerce di Indonesia pada masa Pandemi Covid-19, sebesar 90% responden menyatakan bahwa Shopee merupakan aplikasi yang sering digunakan untuk melakukan keputusan pembelian produk secara online. Hasil riset tersebut, menyimpulkan bahwa produk fashion merupakan produk yang paling banyak dilakukan keputusan pembelian oleh konsumen selama kuartal III 2020. Disamping berbagai keuntungan yang didapat, adapun kerugian berupa kasus penipuan pada e-commerce Shopee di mana customer menerima barang yang tidak sesuai dengan deskripsi, spesifikasi serta display picture yang diberikan oleh penjual. Hal tersebut disebabkan karena customer tersebut tidak melihat ulasan produk terlebih dahulu sebelum melakukan keputusan pembelian.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh perceived reviewers emotion terhadap perceived product quality. Mengetahui pengaruh perceived empathy terhadap hubungan antara perceived reviewers emotion dan perceived product quality. Mengetahui pengaruh perceived cognitive effort terhadap hubungan antara perceived reviewers emotion. Mengetahui pengaruh perceived product quality, dan perceived product quality terhadap purchase decision.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli produk fashion pada e-commerce Shopee. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampel nonprobabilitas, dengan jumlah responden sebanyak 453 responden. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini adalah conditional process analysis yang diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS Macro PROCESS Versi 3.5.
Hasil temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa perceived reviewers emotion berpengaruh terhadap perceived product quality, perceived empathy berpengaruh terhadap hubungan antara perceived reviewers emotion dan perceived product quality, perceived cognitive effort berpengaruh terhadap hubungan antara perceived reviewers emotion dan perceived product quality, dan perceived product quality berpengaruh terhadap purchase decision.
Dengan hal itu, maka penulis memberikan saran kepada perusahaan Shopee untuk lebih meningkatkan performa fitur ulasan produk dengan menambahkan opsi emotikon, kolom komentar yang dapat diisi hingga 1200 kata, dapat upload foto produk lebihh dari 5 foto, memberikan himbauan kepada seluruh Seller Shopee agar meningkatkan kualitas, memberikan poin pinalti, dan pemblokiran terhadap produk yang diberi bintang di bawah 3 oleh 80-90% pengulas. Selain itu, disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk memilih objek lain untuk diteliti, memilih produk lain untuk diteliti, dan metode penelitiannya menggunakan mix method.