PT Telkom Indonesia merupakan perusahaan yang beroperasi di bidang jasa layanan
tekologi, informasi, komunikasi dan jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia. Salah
satu daerah regional PT Telkom Indonesia yaitu daerah regional 1 Sumatera, seperti WITEL
SUMBAR. Dalam menjalankan usaha, WITEL SUMBAR mempertahankan pelanggan untuk
meningkatkan nilai perusahaan, sehingga pelanggan loyal terhadap perusahaan. Loyalitas
pelanggan merupakan komitmen antara perusahaan dengan pelanggan. Loyalitas pelanggan
sangat penting bagi suatu bisnis atau perusahaan, pelanggan akan mencaritahu berbagai informasi
terkait produk tersebut sehingga pelanggan akan membeli produk ataujasa secara terus-menerus.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas
pelanggan terhadap WITEL SUMBAR dan untuk mengetahui faktor yang paling mendominasi
dan faktor yang paling rendah yang mempengaruhi loyalitas Kominfo. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kualitatif dengan secara empiris. Pengumpulan data diambil
dari data primer seperti wawancara, observasi dan studi dokumentasi. adapun analisis data
menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif.
Faktor yang paling dominan yang membuat pelanggan itu puas dengan layanan seperti
adanya service quality yang membuat pelanggan (Kominfo Sijunjung) merasa senang
terhadap layanan yang diberikan oleh Telkom, faktor yang tidak mendominasi seperti
harganya mahal dibandingkan dengan merk lain dan Phisicyal evidance kurangnya bukti fisik
seperti kurangnya tiang ke daerah- daerah yang pelosok yang belum sampai jaringan ke
daerah tersebut.
Kata kunci : Loyalitas Pelanggan