Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) berkembang pesat di bidang
Pendidikan sebagai metode penyaluran informasi dengan integrasi otomatis pada
departemen yang berbeda. Implementasi ERP berfungsi untuk mengelola aktivitas
dan pengambilan keputusan sesuai kondisi sebuah organisasi, tetapi tidak semua
penerapan Sistem Informasi dapat diterima dengan baik oleh pengguna. Maka dari
itu diperlukan adopsi ERP sebagai salah satu tolak ukur kesuksesan implementasi
ERP untuk meningkatkan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis penerimaan pengguna terhadap sistem e-learning pada Universitas
Telkom yaitu Center of eLearning & Open Education (CeLOE LMS). Sebagai
salah satu platform pembelajaran online jarak jauh dan pendukung proses kegiatan
akademik selama masa pandemi pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini dilakukan
untuk mengukur kesesuaian implementasi teknologi informasi dalam memenuhi
kebutuhan tugas pengguna sehingga dapat memiliki dampak bagi individu.
Model yang digunakan adalah Task Technology Fit (TTF) yang terdiri dari 5
variabel yaitu Task Characteristics, Technology Characteristic, Task-Technology
Fit, Utilization, dan Performance Impact. Dalam pengumpulan data penelitian
digunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuesioner dan wawancara online
kepada Mahasiswa Aktif S1 Universitas Telkom semester 1 sampai 7 yang
menggunakan CeLOE LMS. Data yang dihasilkan berupa data primer dari jawaban
responden yang dianalisis menggunakan aplikasi pengolah data statistik yaitu SPPS
25 dan SmartPLS 3.0 dengan metode PLS-SEM. Hasil olahan data penelitian
menunjukkan bahwa CeLOE LMS dan kebutuhan tugas mahasiswa berpengaruh
signifikan terhadap kesesuaian tugas dan teknologi. Kemudian kesesuaian tugas
dengan teknologi berpengaruh signifikan terhadap pemanfaatan CeLOE LMS dan
dampak kinerja mahasiswa. Serta pemanfaatan CeLOE LMS juga memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap dampak kinerja mahasiswa.