Aplikasi streaming musik merupakan salah satu bentuk musik yang didengarkan secara online. Aplikasi streaming musik kebanyakan adalah aplikasi berbayar. Dari segi harga yang ditawarkan satu sama lain tidak jauh berbeda. Hal tersebut membuat dinamika persaingan aplikasi streaming musik di Indonesia semkain ramai. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu social influence, attitude, trust, perceived value, perceived fee, purchase intention. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode analisis data analisis deskriptif dan CFA menggunakan SPSS 25. Responden kuisioner berjumlah 100 responden. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probability jenis purposive sampling orang yang pernah menggunakan layanan premium aplikasi streaming musik. faktor-faktor aplikasi streaming musik yang memiliki penilaian persentase rata-rata tertinggi adalah faktor Perceived Value yaitu sebesar 80,27% dan faktor dengan nilai terendah adalah Perceived Fee dengan persentase 70,20%. Trust menduduki peringkat tertinggi kedua dengan rata-rata faktor sebesar 78,15%. Faktor Attitude mendapatkan penilaian persentase rata-rata sebesar 78,05% dan berada pada peringkat tertinggi ketiga. Berdasarkan hasil analisis faktor terbentuk empat faktor baru yang dominan dalam membentuk purchase intention untuk layanan premium yang disediakan oleh aplikasi streaming musik. Faktor-faktor yang mendorong Purchase Intention Aplikasi Streaming Musik antara lain adalah Trust,Perceived Value, Social Influence,dan Perceived Fee.
Kata Kunci: Analisis Faktor, CFA, Purchase Intention, Social Influence, Attitude, Trust, Perceived Value, Perceived Fee.