Usaha ternak ayam broiler menjadi suatu jenis usaha yang cukup berpotensi karena saat ini ayam bisa dikatakan sebagai makanan kita dalam kehidupan sehari-hari. Terkait dengan hal tersebut, dari data yang diperoleh di Badan Pusat Statistik bahwa produksi daging ayam broiler terjadi peningkatan dari tahun ke tahun. Tetapi mengenai jumlah supply DOC (Day Old Chicken) dari PT Mitra Peternakan Unggas C3 mengalami penurunan selama 3 tahun terakhir. Hal tersebut menunjukkan adanya permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan, yang berarti pesaing dapat memproduksi DOC lebih banyak dan lebih tersebar diseluruh kemitraan yang bergerak dalam industri ternak ayam broiler pola kemitraan. .
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui faktor internal dari perusahaan, 2) Mengetahui faktor eksternal yang dihadapi oleh perusahaan, 3) Merumuskan strategi pengembangan bisnis ternak ayam broiler pola kemitraan.
Tahapan dari penelitian ini.menggunakan matriks IFE dan EFE untuk menentukan faktor-faktor internal serta eksternal dari PT Mitra Peternakan Unggas C3, Matriks.IE.untuk mendapatkan strategi dari hasil IFE dan EFE, matriks SWOT untuk menentukan strategi yang didapatkan dari faktor internal dan eksternal perusahaan, .dan.QSPM.untuk menentukan.strategi yang terbaik yang.didapat.dari.analisis.SWOT. .
Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara serta kuisioner terhadap narasumber yang terkait dalam objek penelitian. Narasumber yang terlibat adalah narasumber pihak internal PT Mitra Peternakan Unggas C3 sebanyak 3 (tiga) orang, kompetitor sebanyak 2 (dua) orang serta Ketua Himpunan Peternakan Ayam Broiler Jawa Barat. Narasumber tersebut akan diwawancarai serta diberikan kuisioner terkait usaha dalam ternak ayam broiler.
Hasil.penelitian.ini.diharapkan dapat menjadi evaluasi terhadap.usaha khususnya dibidang peternakan ayam broiler. Selain itu, dapat dijadikan sebagai arahan untuk meningkatkan jumlah wirausaha agar dapat memajukan perekonomian di Indonesia.
Kata Kunci : Strategi, Bisnis, SWOT, IFE, EFE, QSPM