Industri event merupakan salah satu industri yang paling terdampak dari melandanya
pandemi Covid-19 di seluruh dunia termasuk Indonesia. Inovasi pun diciptakan oleh
pelaku event agar layanan mereka tetap berjalan dan aktivitas pemasaran tetap
dilaksanakan dengan mengikuti kondisi dan anjuran pemerintah. Munculnya beragam
virtual event sebagai solusi kegiatan pemasaran dengan segala keterbatasan gerakan agar
industri tetap berjalan di masa pandemi. ASTRA Daihatsu merupakan salah satu merek
yang aktif dalam menyelenggarakan virtual event selama pandemi melalui PT. Maha
Kreasi Indonesia sebagai alternatif kegiatan pemasaran mereka selama masa pandemi.
Customer virtual event dilakukan untuk menjaga komunikasi ASTRA Daihatsu
dengan masyarakat, serta aktif dalam melanjutkan rutinitas kegiatan pemasaran ASTRA
Daihatsu yaitu mengadakan event. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengidentifikasi proses special event yang diterapkan oleh PT. Maha Kreasi Indonesia
sebagai pelaksana virtual event ASTRA Daihatsu. Penelitian ini menggunakan acuan teori
tahapan special event oleh Joe Goldblatt yang terdiri dari research, design, planning,
coordination, dan evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan paradigma konstruktivisme serta pengumpulan data dilakukan dengan
studi kasus melalui wawancara mendalam, observatif pastisipatif, dokumentasi, dan studi
pustaka. Hasil penelitian yang diperoleh menjelaskan penerapan tahapan special event
pada pelaksanaan virtual event ASTRA Daihatsu oleh PT. Maha Kreasi Indonesia dalam
menjalankan aktivitas pemasarannya.