Penelitian dengan judul “Respon Mahasiswa MBTI Telkom University
Terhadap Pesan Komunikasi Pembelajaran Melalui Aplikasi Zoom” berfokus pada
proses pengiriman pesan yang disampaikan oleh Dosen terhadap mahasiswanya
selama melakuan pembelajaran daring dengan menggunakan aplikasi Zoom sebagai
aplikasi pendukung dalam metode pembelajarannya. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui bentuk respon mahasiswa saat melakukan pembelajaran melalui
aplikasi Zoom
Teori yang dihadiran dalam penelitian ini adalah Teori Pesan Komunikasi dan
konsep yang dihadirkan dalam penelitian ini adalah Komunikasi Pendidikan,
Pembelajaran Daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif interpretif karena
peneliti ingin menguraikan suatu persepsi mengenai gejala sosial atau sesuatu yang
sedang terjadi. Peneliti juga ingin menunjukan bagaimana keadaan atau kondisi yang
sedang dialami yang sebenarnya.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan maka peneliti mendapatkan
kesimpulan bahwa respon mahasiswa MBTI Telkom University terhadap pesan
komunikasi pembelajaran melalui aplikasi zoom dinilai cukup baik oleh mahasiswa.
Sebagian besar mahasiswa mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh Dosen
saat dikelas daring. Namun ada juga mahasiswa yang kurang memahami apa yang
disampaikan Dosen saat melakukan pembelajaran.
Kata Kunci: Komunikasi Pendidikan, Pembelajaran Daring.