Persaingan di dalam bisnis terutama industri digital adalah sesuatu hal yang
mutlak. Dengan munculnya persaingan, persusahaan akan selalu berhadapan
dengan beberapa peluang bisnis dan ancaman terhadap proses bisnis dari dalam atau
luar perusahaan. Perusahaan harus dapat memaksimalkan kekuatan yang ada dan
mampu meminimalisir kelemahan. Persaingan tidak hanya terjadi pada perusahaan
yang sudah besar, tetapi jika sudah masuk kedalam industri tertentu maka akan
selalu ada persaingan. Seperti yang sedang dialami oleh Cubic Inkubator yang
bergerak pada industri digital di Kota Bandung pada jasa inkubasi. Hal tersebut
mengharuskan Cubic Inkubator untuk memliki strategi bersaing yang mumpuni,
sehingga mampu mengungguli pesaingnya dalam industri.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi dari lingkungan
internal dan eksternal dari Cubic Inkubator. Selain itu, untuk mengetahui alternatif
strategi yang tepat kepada Cubic Inkubator dalam menghadapi persaingan dalam
menjalankan bisnisnya.
Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif dengan
pendekatan studikasus. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang
dilakukan melalui wawancara, dan observasi. Sedangkan, data sekunder didapatkan
melalui studi pustaka, buku, jurnal, dan data internal perusahaan. Sampel pada
penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode purposive sampling dengan
jumlah narasumber sebanyak empat orang. Kredibilitas data pada penlitian ini
menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu
menggunakan matriks IFE, EFE, IE, SWOT dan QSPM yang mengacu pada hasil
analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan.
Hasil Penelitian menghasilkan Skor matriks IFE sebesar 3,26 dan skor
matriks EFE 3,22, sehingga posisi dari Cubic Inkubator berada pada dalam matriks
IE berada pada Sel I, yaitu strategi bertumbuh dan membangun (grow and build).
Dari hasil matriks SWOT, menghasilkan 6 strategi alternatif yang terdiri dari 2
penetrasi pasar dan 4 pengembangan produk. Prioritas utama yang dihasilkan dari
atlternatif strategi dari matriks QSPM adalah strategi pengembangan produk
(product development).
Strategi rekomendasi yang dihasilkan untuk Cubic Inkubator dalam
menghadapi persaingan yaitu dengan cara cara meningkatkan kualitas jasa inkubasi
perusahaan agar menambah konsumen dan loyalitasnya.
Kata Kunci: Strategi Bersaing, Matriks EFE, IFE, IE, SWOT dan QSPM