Kampanye #TokopediaWIB adalah bentuk strategi pemasaran yang dilakukan Tokopedia di Twitter
dengan mengunggah informasi mengenai pesan kampanye kepada pengguna termasuk pengikut akun
twitter @tokopedia. Strategi ini dilakukan Tokopedia dikarenakan Twitter adalah salah satu media sosial
yang berpotensi dalam menyebarkan pesan dengan cepat karena terdapat fitur Tweet, Retweet, dan Like.
Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin mengetahui dan menganalisis Pengaruh Campaign
TokopediaWIB terhadap Keputusan Pembelian yang dikaji dengan Studi Kuantitatif pada Pengikut
Akun Twitter @tokopedia menggunakan metode AISAS. Penelitian ini menggunakan variabel
independen yaitu Viral Marketing Campaign dan variabel dependen keputusan pembelian menggunakan
metode AISAS. Sampel penelitian ini adalah pengikut akun Twitter @tokopedia dengan menyebar
kuesioner dalam pengambilan data. Jenis penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, uji
normalitas, analisis korelasi, uji regresi linier sederhana, koefisien determinasi dab uji hipotesis. Hasil
penelitian data deskriptif diperoleh bahwa skor dari variabel viral marketing campaign (X) sebesar
86,7% dan variabel keputusan pembelian (Y) dengan metode Attention 84,2%, Interest 78,2%, Search
76,8%, Action 74% dan Share 61% yang artinya semua variabel dinilai baik berdasarkan posisi garis
kontinum. Pada uji hipotesis t ditemukan bahwa masing-masing variabel independen dan variabel
dependen memiliki pengaruh. Maka campaign terbukti berpengaruh terhadap variabel keputusan
pembelian AISAS dengan keseluruhan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan didapatkan H0
ditolak dan H1 diterima. Sehingga campaign berpengaruh pada keputusan pembelian. Dapat dikatakan
penelitian ini memiliki pengaruh terkait kampanye #TokopediaWIB terhadap keputusan pembelian
(action) sebesar 15% yang 85% lainnya tidak diteliti pada penelitian ini.
.Kata-kata kunci: viral marketing campaign, keputusan pembelian, AISAS, twitter