Analisis Sentimen Destinasi Wisata Kuliner di Twitter Menggunakan TF-IDF dan Complement Naïve Bayes pada Dataset Tidak Seimbang

FAKHRANA KURNIA SUTRISNO

Informasi Dasar

79 kali
21.04.1584
006.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Opini masyarakat terhadap suatu destinasi wisata kuliner sangat bermanfaat bagi pemilik maupun pengunjung tempat tersebut. Maka dari itu dilakukan analisis sentimen terhadap destinasi wisata kuliner di Kota Bandung, yaitu Cuanki Serayu dan Sate DJ. Analisis sentimen diawali dengan mengambil data dari Twitter dan dilabeli secara manual menjadi positif, netral, dan negatif. Data yang sudah dilabeli dilakukan preprocessing dan oversampling pada data yang tidak seimbang. Dataset dibagi menjadi data train dan data test dengan perbandingan 70:30. Pelatihan data dilakukan menggunakan metode Complement Naïve Bayes dengan ekstraksi fitur TF-IDF. Dari hasil pengujian diperoleh nilai f1-score terbesar sebesar 0,80 dari data yang telah dilakukan oversampling.

Subjek

Machine Learning
 

Katalog

Analisis Sentimen Destinasi Wisata Kuliner di Twitter Menggunakan TF-IDF dan Complement Naïve Bayes pada Dataset Tidak Seimbang
 
ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FAKHRANA KURNIA SUTRISNO
Perorangan
Jondri, Kemas Muslim Lhaksmana
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Informatika
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini