PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DASHBOARD UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENYEDIAAN LAYANAN PAKET INTERNET PADA TELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE BUSINESS DIMENSIONAL LIFE CYCLE

AGUNG RIANSYAH

Informasi Dasar

21.04.1590
658.472
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

PT Telkomsel merupakan anak perusahaan dari PT Telkom Indonesia Tbk yang berdiri pada 26 Mei 1995 dan merupakan operator seluler yang menawarkan layanan GSM bahkan berhasil menjadi operator seluler pertama yang menghadirkan jaringan 2G, 3G, 4G LTE. APJII telah melakukan survey dan mencatat sebanyak 51,1 persen dari 196,71 juta pengguna internet di Indonesia tahun 2019-2020. Jumlah pengguna internet yang terus meningkat terutama pada pengguna internet di pulau Jawa, Telkomsel sebagai operator seluler perlu mengolah data pengguna produk agar dapat dianalisis dan membantu mengetahui berapa banyak jenis produk atau kartu yang dipakai oleh masyarakat Indonesia serta jenis atau nama paket internet apa yang paling sering dibeli oleh pelanggan berdasarkan jenis kartu yang mereka pakai.

Perancangan business intelligence dashboard merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah diatas yang mana hasil dashboard report yang dibangun dapat memberikan informasi kepada PT Telkomsel sehingga dapat digunakan untuk menganalisis, memprediksi dan mengambil keputusan. Pada penelitian ini, penulis melakukan perancangan business intelligence dashboard menggunakan metode business dimensional life cycle serta aplikasi Pentaho untuk proses ETL data dan aplikasi Tableau yang digunakan untuk memvisualisasikan hasil penelitian dalam bentuk dashboard.

Penelitian ini menghasilkan dashboard layanan internet Telkomsel yang berisi grafik atau diagram dalam bentuk pipe chart, pie chart, area chart dan line chart tentang jumlah pengguna produk Telkomsel berdasarkan wilayah, jenis kuota yang paling popular dan rata-rata kuota yang dikonsumsi oleh pengguna berdasarkan jenis kuota popular yang diketahui. Penelitian ini dapat dikembangkan atau dikomparasikan dengan metode yang lain.

Kata kunci: Business Intelligence, Dashboard, Business Dimensional Life Cycle, ETL, Pentaho, Tableau.

Subjek

BUSINESS INTELLIGENCE
 

Katalog

PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE DASHBOARD UNTUK MENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENYEDIAAN LAYANAN PAKET INTERNET PADA TELKOMSEL MENGGUNAKAN METODE BUSINESS DIMENSIONAL LIFE CYCLE
 
ill.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AGUNG RIANSYAH
Perorangan
Rachmadhita Andreswari, Edi Sutoyo
Indonesia

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini