Bisnis Stco.theway merupakan sebuah usaha pada industri Clothing dan produk
tekstil yang memproduksi kebutuhan dari fashion yang akan dijual di toko sendiri.
Bisnis Stco.theway dibangun sejak tahun 2017 dan berlokasi di daerah Bandung
ini mengalami permasalahan pada penjualan dalam beberapa bulan sehingga tidak
sesuai target dikarenakan berbagai faktor.
Hal tersebut disebabkan kurangnya pemanfaatan promosi,persaingan yang semakin
ketat dan perubahan lingkungan bisnis clothing Stco.theway. Melihat permasalahan
ini, model bisnis clothing Stco.theway akan dirancang model bisnis usulan.
Perancangan model bisnis tersebut dilakukan dengan menggunakan Business
Model Canvas (BMC). Terdapat 3 data yang diperlukan dalam melakukan
pengembangan model bisnis usulan Data pertama adalah data model bisnis saat ini
yang diperoleh melalui observasi dan wawancara kepada pemilik bisnis sehingga
dapat dipetakan menjadi model bisnis saat ini. Data kedua adalah customer profile
yang diperoleh dengan melakukan wawancara kepada segmen customer bisnis.
Data terakhir adalah data peta analisis lingkungan bisnis yang diperoleh melalui
internet dan studi literatur. Ketiga data tersebut digunakan untuk melakukan
analisis SWOT dan merumuskan strategi usulan yang dapat diimplementasikan.
Beberapa perbaikan penting yang diusulkan dari hasil model bisnis usulan untuk
clothing Stco.theway adalah melakukan perluasan segmen customer dengan
menciptakan program serta lebih mengedepankan pengembangan penjualan untuk
meningkatkan pendapatan untuk perusahaan. Hasil dari usulan rancangan yang
didapatkan, menghasilkan model bisnis baru untuk peningkatan revenue stream
berdasarkan rancangan strategi baru yang diciptakan pada 8 blok, diantaranya value
proposition, key activities, customer relationship, customer segment, cost structure,
channel, revenue stream, dan key resources. Berdasarkan rancangan yang
didapatkan dibuatlah model bisnis baru dengan program consignment dan reseller
untuk memudahkan hubungan customer dengan Stcho.theway serta meningkatkan
penjualan dan keuntungan.
Kata Kunci: Business Model Canvas, SWOT, Model Bisnis.