Seperti yang dilansir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada
tahun 2020, dari total keseluruhan 64 juta lebih pelaku UMKM yang ada di Indonesia hanya
sekitar 9,4 juta yang sudah memanfaatkan teknologi dalam kegiatan usahanya. Melihat dari
data tersebut, perlu dilakukan upaya untuk lebih meningkatkan produktivitas dari UMKM
dengan memanfaatkan teknologi agar dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
Menurut data dari laporan digital yang dilansir oleh We Are Social dan Hootsuite mengenai
data penggunaan internet di Indonesia tahun 2020, dipaparkan bahwa pada hasil riset pengguna
internet terdapat lebih dari 175,4 juta pengguna internet melalui berbagai perangkat. Lebih jauh
dipaparkan bahwa sebanyak 93% dari total pengguna internet usia 16-64 tahun melakukan
pencarian dan pembelian produk atau jasa secara online. Oleh sebab itu, akan sangat
disayangkan bila UMKM konvensional khususnya penyedia jasa menyia-nyiakan kesempatan
untuk go-digital. Dari survei yang telah dilakukan, mayoritas UMKM ingin memiliki sistem
atau platform yang dapat memasarkan produk atau layanan mereka secara online agar dapat
menjangkau pangsa pasar yang lebih luas yakni kepada lebih banyak orang dimanapun dan
kapanpun serta para konsumen pencari jasa dapat lebih mudah menemukan jasa layanan yang
sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka. Sebuah platform aplikasi berbasis website
Infineeds menjadi solusi untuk mempertemukan para pencari jasa dan UMKM penyedia jasa.
Melalui Infineeds, UMKM di bidang jasa dapat bergabung menjadi mitra dan dapat
memaksimalkan pemasaran jasa layanannya secara online agar terciptanya segmentasi pasar
yang lebih luas dengan menjaring lebih banyak pengguna sehingga produktivitas dari usahanya
dapat meningkat.
Kata Kunci: platform, aplikasi, mitra, jasa, UMKM, online.