Penerapan IT Balanced Scorecard pada berbagai sektor bisnis dapat diukur melalui sejauh mana pengaruh penerapan IT Balanced Scorecard terhadap pengukuran kinerja menggunakan COBIT 2019. Jenis penelitian ini melibatkan bagaimana analisis perbandingan Cascading terhadap functional scorecard dapat dilakukan dan menggunakan teknik analisis data deskriptif dengan metode Structural Equation Model (SEM) berbasis varian yaitu teknik statistik multivariat. Penggunaan SmartPLS untuk menghasilkan sebuah model dari 113 sampel karyawan PT. Telekomunikasi Indonesia TBK unit Top 20 / Public Service Divisi Solution, Delivery, and Assurance. Konsep penelitian ini adalah mengkaji bagaimana model struktural menciptakan hubungan antara Balanced Scorecard dengan kinerja perusahaan dengan melakukan proses screening pada unit Top 20 / Public Service dan hasil dari penelitian ini adalah sebuah analisis dari model IT BSC dengan 4 perspektif, yaitu Customer Orientation berpengaruh nyata dan signifikan terhadap Corporate Contribution. Operational Excellence berpengaruh nyata dan signifikan terhadap Customer Orientation. Future Orientation berpengaruh nyata dan signifikan terhadap Operational Excellence, pada unit Top 20 / Public Service, hal ini terdapat jawaban mengenai permasalahan terhadap implementasi IT Balanced Scorecard terhadap unit Top 20 / Public Service PT. Telekomunikasi Indonesia TBK.