Transformasi digital saat ini merupakan salah satu agenda penting dalam industri Perbankan
Indonesia. Bank XYZ merupakan salah satu bank BUMN yang menjalankan aktivitas
bisnisnya di Indonesia. Bank XYZ harus menerapkan digital terintegrasi strategi transformasi
untuk meningkatkan kinerja perusahaan dan karena itu meningkatkan kemungkinan bisnis
jangka panjang yang berkelanjutan untuk perusahaan. Proses transformasi digital harus
didukung dengan adanya tata kelola untuk mengendalikan risiko yang terjadi dan memastikan
bentuk sumber daya perusahaan agar dapat digunakan dengan sesuai. Di samping hal tersebut
terdapat regulasi terbaru dari Kementerian BUMN Nomor : S-122/MBU/DSI/05/2021 yaitu
BUMN diwajibkan untuk melaksanakan Assessment IT Maturity Level secara Independen
dengan target skor 3 pada Tahun 2021 menggunakan framework COBIT versi yang baru.
Sehingga diperlukan perancangan tata kelola TI untuk proses transformasi digital pada Bank
XYZ menggunakan kerangka kerja COBIT 2019. Fokus penelitian ini adalah domain Build,
Acquire and Implement (BAI) dengan proses BAI01 Manage Programs, BA104 Manage
Availability and Capacity, BAI11 Manage Projects yang diprioritaskan untuk menentukan
proses prioritas berdasarkan penilaian menggunakan COBIT toolkit design factor . Tujuan
penelitian ini untuk membantu Bank XYZ dalam menerapkan Tata Kelola TI untuk menuju
proses transformasi digital. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi perancangan people,
process dan technology. Usulan pada perancangan people dengan menggunakan domain BAI
adalah penambahan responsibility dan kompetensi untuk meningkatkan keterampilan yang
dimiliki pegawai sesuai dengan bidangnya. Pada usulan process terdapat SOP dan instruksi
kerja. Usulan terakhir pada perancangan technology terdapat usulan software untuk
memudahkan pekerjaan dalam meningkatkan ketangkasan dan efisiensi operasional yang dapat
mendukung tercapainya penerapan proses transformasi digital pada Bank XYZ. Pengaruh
terhadap penilaian perancangan tata Kelola dapat meningkatkan nilai indeks perusahaan
sebesar 0,35 atau 7%. Penelitian ini secara praktis dapat membantu Bank XYZ untuk
memprioritaskan tata kelola TI untuk mendukung transformasi digital, sedangkan secara
akademik memberikan contoh untuk penelitian selanjutnya terkait prioritasasi tata kelola TI
untuk menuju transformasi digital pada satu organisasi bank.
Kata Kunci : Tata Kelola TI, Bank XYZ dan COBIT 2019, BAI, Transformasi digital.