PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada Sub Sektor Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)

DELIA HAYYUNINGTYAS

Informasi Dasar

21.04.1748
658.15
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kesadaran bahwa intellectual capital menjadi aset yang sangat penting dalam dunia bisnis modern, yaitu dengan sumber daya pengetahuan yang nantinya dapat menjadi keuntungan bagi perusahaan di masa depan. Penelitian menggunakan sub sektor kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), merupakan salah satu sektor penting dalam membangun ekonomi nasional. Industri kimia dikenal sebagai industri yang memiliki padat pengetahuan (knowledged based theory) dan padat teknologi. Pentingnya human capital, structural capital, dan capital employed pada sektor kimia untuk dapat menciptakan industri kimia yang memiliki kemampuan pengetahuan yang baik dan kompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari Intellectual capital yang terdiri dari Value Added Human Capital (VAHU), Structural Capital Value Added (STVA), dan Value Added Capital Employed (VACA) terhadap profitabilitas Return on Asset (ROA) pada perusahaan sub sektor kimia yang terdaftar di BEI periode 2015-2019. Penelitian ini menggunakan populasi dari perusahaan sub sektor kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling, dimana sampel yang dipilih pada penelitian ini berjumlah 8 perusahan yang sesuai dengan kriteria penelitian. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis yang dilakukan meliputi uji F, uji koefisien determinan (????2), dan uji T Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial VACA,VAHU, dan STVA berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan sub sektor kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Sedangkan secara simultan, VACA, VAHU, dan STVA secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perusahaan sub sektor kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019.

Kata Kunci: Intellectual Capital, sektor kimia, Value Added Human Capital (VAHU), Value Added Capital Employed (VACA), Structural Capital Value Added (STVA), Return on Assets (ROA)

Subjek

Finacial Management
 

Katalog

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS PERUSAHAAN (Studi pada Sub Sektor Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DELIA HAYYUNINGTYAS
Perorangan
TIEKA TRIKARTIKA GUSTYANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini