PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ASSESSOR PADA ASSESSMENT CENTER INDONESIA MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED SUM MODEL

MUHAMMAD RAFLY FAUZAN WIBOWO

Informasi Dasar

21.04.1756
658.403
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Assessment Center Indonesia (ACI) merupakan unit bisnis Telkom Indonesia yang melakukan identifikasi kompetensi bagi kandidat yang akan menduduki suatu posisi dalam perusahaan. Proses ini dilakukan melalui suatu metode yang diberi nama Assessment Center. Dalam penjadwalan kegiatan assessment center karyawan ACI masih menggunakan Microsoft Excel, hal ini membuat karyawan kesulitan dalam melihat assessor yang bertugas. Didasari atas permasalahan tersebut, Tugas Akhir ini bertujuan untuk merancang Sistem Pendukung Keputussan yang dapat menunjukkan urutan nilai assessor, serta dapat melihat jadwal kegiatan dengan mudah, sehingga dapat digunakan oleh karyawan untuk monitoring dan acuan evaluasi kinerja assessor.

Perancangan SPK ini menggunakan metode perhitungan Weighted Sum Model (WSM). WSM digunakan untuk membantu menentukan urutan nilai assessor. SPK ini berbasis website yang dikembangkan dengan framework laravel, menggunakan bahasa pemograman PHP dan MySQL. Pada pengujian sistem, blackbox testing dan user acceptance testing digunakan untuk menguji fungsionalitas sistem terhadap skenario yang telah dirancang.

Hasil dari Tugas Akhir ini berupa sistem yang dapat memberikan urutan nilai assessor berdasarkan kriteria penilaian assessor. Sistem ini juga dapat memberikan informasi jadwal kegiatan beserta assessor yang bertugas. Pengujian dengan blackbox testing dan user acceptance testing menghasilkan bahwa sistem dapat berjalan sesuai fungsi yang diharapkan oleh stakeholder.

Kesimpulan dari Tugas Akhir ini dihasilkan SPK assessor pada Assessment Center Indonesia yang dapat digunakan oleh karyawan sebagai media evaluasi assessor dalam menjalankan tugas. Sistem dapat menyimpan jadwal kegiatan sehingga dapat memudahkan karyawan dan assessor dalam melihat jadwal kegiatan. Sistem yang telah dirancang dapat dikembangkan sesuai kebutuhkan karyawan ACI. Pengembangan berikutnya dapat berfokus pada penambahan fitur.

Subjek

DECISION SUPPORT SYSTEMS
 

Katalog

PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ASSESSOR PADA ASSESSMENT CENTER INDONESIA MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED SUM MODEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD RAFLY FAUZAN WIBOWO
Perorangan
Luciana Andrawina, Rayinda Pramuditya Soesanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini