PENGARUH TALENT MANAGEMENT TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT (STUDI KASUS PADA KANTOR BADAN PELAKSANA KEGIATAN YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM)

REGYTA PERMATA F.H.

Informasi Dasar

21.04.1794
C
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Employee engagement atau keterikatan karyawan Kantor Badan Pelaksana Kegiatan Yayasan Pendidikan Telkom perlu diperhatikan karena dengan adanya employee engagement yang terlibat secara aktif di dalam perusahaan menandakan bahwa perusahaan tersebut akan memiliki antusiasme dan komitmen yang besar untuk bekerja. Kondisi yang di hadapi Yayasan Pendidikan Telkom yaitu menurunnya hasil oleh Employee Engagement Survey (EES) Telkom Group dari 75.00% pada tahun 2016 menjadi 72.05% pada tahun 2017. Salah satu bentuk usaha dari perusahaan untuk mempertahankan karyawannya di dalam organisasi yaitu dengan menerapkan talent management sehingga karyawan unggul atau bertalenta dapat dipertahankan. Terkait hal tersebut, perlu dilakukan penelitian tentang talent management agar dapat meningkatkan employee engagement, terutama penelitian talent management yang telah dilakukan di berbagai negara dan sektor yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik talent management, seberapa tinggi employee engagement dan seberapa besar pengaruh talent management terhadap employee engagement di Kantor Badan Pelaksanaan Kegiatan Yayasan Pendidikan Telkom. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 74 responden. Kuesioner yang digunakan penelitian ini memiliki 37 pernyataan dengan skala likert 5 titik. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan teknik sampling jenuh. Dalam menjelaskan hasil penelitan, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Hasil yang didapat pada penelitian ini menunjukkan bahwa talent management berpengaruh signifikan terhadap employee engagement di Kantor Badan Pelaksanaan Kegiatan Yayasan Pendidikan Telkom. Hasil tersebut telah terbukti berdasarkan hipotesis adalah H0 ditolak dan H1 diterima. Koefisien determinasi yang didapatkan dengan nilai R square sebesar sebesar 0.411. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan variabel bebas yaitu talent management dalam menjelaskan varians dari variabel terikat yaitu employee engagement adalah sebesar 41.1%, sisanya 58.9% yang artinya variabel terikat dijelaskan oleh faktor lain selain talent management yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini akan menjadi masukan bagi Kantor Badan Pelaksanaan Kegiatan Yayasan Pendidikan Telkom untuk terus mengembangkan aktivitas talent management karena terbukti dapat meningkatkan employee engagement di lingkungan Kantor Badan Pelaksanaan Kegiatan Yayasan Pendidikan Telkom.

Kata Kunci: Talent Management, Employee Engagement

Subjek

HUMAN CAPITAL
 

Katalog

PENGARUH TALENT MANAGEMENT TERHADAP EMPLOYEE ENGAGEMENT (STUDI KASUS PADA KANTOR BADAN PELAKSANA KEGIATAN YAYASAN PENDIDIKAN TELKOM)
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

REGYTA PERMATA F.H.
Perorangan
 
 

Penerbit

Universitas Telkom
 
2021

Koleksi

Kompetensi

  • BM62C4 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA STRATEJIK

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini