Perkembangan era digital kini semakin pesat, dibuktikan bahwa saat ini internet dapat mudah
dinikmati oleh masyarakat, dan berdampak luas terhadap seluruh aktifitas manusia. ECommerce ini memudahkan untuk para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi jual beli
dengan cara menggunakan internet dan penggunaan web yang dapat memberikan manfaat secara
langsung yaitu tidak ada lagi halangan waktu untuk penjual dan pembeli dalam melakukan suatu
transaksi jual beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran promosi pada program
waktu indonesia belanja, mengetahui proses keputusan pembelian pada tokopedia, mengetahui
pengaruh bauran promosi program waktu indonesia belanja terhadap proses keputusan
pembelian tokopedia secara parsial mengetahui pengaruh bauran promosi program waktu
indonesia belanja terhadap proses keputusan pembelian tokopedia secara simultan.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif
dan penelitian kausal, menggunakan teknik non probability sampling dengan total
responden sebanyak 150. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis
deskriptif dan analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan spss 24. Populasi
dalam penelitian ini adalah konsumen Tokopedia yang pernah melakukan pembelian pada saat
program Waktu Indonesia Belanja berlangsung dan jumlahnya tidak diketahui secara pasti.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa Periklanan, Promosi
Penjualan, Publisitas dan Pemasaran Langsung berada dalam kategori baik serta Proses
Keputusan Pembelian berada pada kategori cukup baik. Besarnya pengaruh bauran
promosi terhadap proses keputusan pembelian sebesar 67,56%. Sedangkan sisanya
sebesar 32,44% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Secara parsial bauran promosi program Waktu Indonesia Belanja yang terdiri dari
periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan pemasaran langsung berpengaruh secara
signifikan terhadap proses keputusan pembelian pada Tokopedia. Besaran pengaruh
paling tinggi yaitu periklanan sebesar 26,14%, disusul oleh pemasaran langsung sebesar
24,54%, publisitas memiliki nilai sebesar 9,24% dan promosi penjualan sebesar 7,72%
Kata kunci : Periklanan, Promosi Penjualan, Publisitas, Pemasaran Langsung