Kebutuhan hidup masyarakat menjadi lebih tinggi membuat permintaan
pasar menjadi lebih bervariatif. Kondisi ini merangsang munculnya industri baru,
seperti industri roti dan kue yang kini menempati urutan ketiga setelah nasi dan mi
sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia. Peningkatan peluang dan konsumsi
roti dan kue merangsang munculnya kompetitor baru, sehingga dalam menghadapi
persaingan tersebut perusahaan perlu mengembangkan taktik bauran pemasaran
yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran
dengan dimensi 7P (product, price, place, promotion, people, process, dan physical
evidence) terhadap keputusan pembelian konsumen pada Dea Bakery serta seberapa
besar pengaruhnya secara simultan dan parsial.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Sampel yang
diambil dalam penelitian ini sebanyak 400 responden yang pernah membeli produk
Dea Bakery. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis
regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 26.
Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh product,
price, place, dan promotion terhadap keputusan pembelian secara parsial
berdasarkan uji hipotesis (uji T), sedangkan people, process, dan physical evidence
tidak berpengaruh. Untuk hasil uji simultan menunjukkan bahwa product, price,
place, promotion, people, people, dan physical evidence berpengaruh terhadap
keputusan pembelian secara simultan.
Berdasarkan hasil penelitian ini perusahaan disarankan untuk memperbaiki
product, price, place, dan promotion sebagai dimensi yang berpengaruh terhadap
keputusan pembelian konsumen dengan cara memperbaiki tekstur produk,
menyesuaikan harga dengan kualitas yang diberikan, lebih mempertimbangkan
akses kendaraan menuju outlet, memperluas saluran promosi serta menyesuaikan
penerapan potongan harga. Sehingga diharapkan apabila dimensi product, price,
place, dan promotion diperbaiki akan meningkatkan keputusan pembelian
konsumen.
Kata Kunci: Bauran pemasaran, Keputusan Pembelian