Studi Komparasi Preferensi Pabrikan Resmi, Jurnalis Otomotif, dan Warganet Indonesia dalam Memilih Produk Sepeda Motor Sports 150CC menggunakan Topic Modeling dengan Algoritma LDA (Studi pada Honda CBR150R dan Yamaha All New R15 V3)

TRISNA GURUMINDA

Informasi Dasar

21.04.1836
658.81
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Potensi pasar industri otomotif sepeda motor di Indonesia yang tinggi membuat tingkat persaingan antar perusahaan produksi sepeda motor semakin ketat. Sebagai dua pabrikan big four asal Jepang dengan jumlah wholesale terbaik, Honda dan Yamaha perlu melakukan strategi inovasi secara konsisten agar dapat terus menciptakan competitive advantage dibandingkan para competitor.

Salah satu strategi yang dilakukan oleh brand Honda dan Yamaha dalam mempertahankan tingkat wholesale mereka adalah dengan melakukan strategi diversifikasi produk terkait serta melakukan proses adjustment antara produk sepeda motor yang akan diluncurkan dengan preferensi konsumen Indonesia, yang merupakan faktor penting dalam mempengaruhi keputusan para konsumen dalam memilih produk contender yang telah mereka nominasi pada tahapan choice set dalam successive sets, yang terdapat pada alur consumer decision buying process.

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai perbedaan karakteristik dari segmen sepeda motor sports 150CC berdasarkan klaim dari pihak pabrikan sepeda motor, para jurnalis media otomotif, serta komentar dari para Warganet Indonesia. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan faktor apa saja yang dipertimbangkan para Warganet Indonesia dalam memilih sepeda motor sports 150CC. Objek penelitian ini adalah produk sepeda motor sports 150CC Honda CBR150R dan Yamaha All New R15 V3.

Subjek penelitian ini adalah media sosial Youtube, Twitter, website resmi pabrikan sepeda motor, serta website review otomotif. Penelitian ini menggunakan user generated content (UGC) yang diperoleh dari subjek penelitian sebagai sumber data. Proses data collecting dilakukan dengan melakukan data crawling dengan keyword “cbr150r” serta “yamahar15”, serta metode data scraping terhadap website resmi pabrikan Honda (AHM), Yamaha (YIMM), website review otomotif, serta komentar warganet pada video review Honda CBR150R dan Yamaha All New R15 V3 pada media sosial YouTube dengan menggunakan layanan Coberry. Data tersebut kemudian diolah dengan menggunakan metode text analytic, yaitu topic modelling dengan algoritma Latent Dirichlet Allocation (LDA) menggunakan tools coding environment Google Colab.

Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor performa mesin, pengereman, handling, serta desain sporty merupakan daftar prioritas faktor menurut pabrikan resmi. Selanjutnya faktor performa mesin, desain sporty, serta handling merupakan daftar prioritas faktor menurut jurnalis otomotif. Sedangkan faktor desain sporty, performa mesin, serta harga merupakan daftar prioritas faktor menurut Warganet Indonesia. Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode big data analytics lainnya, baik yang berfokus pada proses prediction, classification, hingga association sehingga diharapkan dapat menghasilkan output analisis penelitian yang lebih mendalam.

Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Sepeda Motor Sport, Topic Modelling, User Generated Content.

Subjek

MANAGEMENT MARKETING
 

Katalog

Studi Komparasi Preferensi Pabrikan Resmi, Jurnalis Otomotif, dan Warganet Indonesia dalam Memilih Produk Sepeda Motor Sports 150CC menggunakan Topic Modeling dengan Algoritma LDA (Studi pada Honda CBR150R dan Yamaha All New R15 V3)
 
 
Bahasa Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRISNA GURUMINDA
Perorangan
Herry Irawan, Tri Widarmanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini