Potensi pasar industri otomotif sepeda motor di Indonesia yang tinggi membuat
tingkat persaingan antar perusahaan produksi sepeda motor semakin ketat. Sebagai dua
pabrikan big four asal Jepang dengan jumlah wholesale terbaik, Honda dan Yamaha
perlu melakukan strategi inovasi secara konsisten agar dapat terus menciptakan
competitive advantage dibandingkan para competitor.
Salah satu strategi yang dilakukan oleh brand Honda dan Yamaha dalam
mempertahankan tingkat wholesale mereka adalah dengan melakukan strategi
diversifikasi produk terkait serta melakukan proses adjustment antara produk sepeda
motor yang akan diluncurkan dengan preferensi konsumen Indonesia, yang merupakan
faktor penting dalam mempengaruhi keputusan para konsumen dalam memilih produk
contender yang telah mereka nominasi pada tahapan choice set dalam successive sets,
yang terdapat pada alur consumer decision buying process.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti mengenai perbedaan karakteristik dari
segmen sepeda motor sports 150CC berdasarkan klaim dari pihak pabrikan sepeda
motor, para jurnalis media otomotif, serta komentar dari para Warganet Indonesia.
Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan faktor apa saja yang
dipertimbangkan para Warganet Indonesia dalam memilih sepeda motor sports 150CC.
Objek penelitian ini adalah produk sepeda motor sports 150CC Honda CBR150R dan
Yamaha All New R15 V3.
Subjek penelitian ini adalah media sosial Youtube, Twitter, website resmi
pabrikan sepeda motor, serta website review otomotif. Penelitian ini menggunakan user
generated content (UGC) yang diperoleh dari subjek penelitian sebagai sumber data.
Proses data collecting dilakukan dengan melakukan data crawling dengan keyword
“cbr150r” serta “yamahar15”, serta metode data scraping terhadap website resmi
pabrikan Honda (AHM), Yamaha (YIMM), website review otomotif, serta komentar
warganet pada video review Honda CBR150R dan Yamaha All New R15 V3 pada
media sosial YouTube dengan menggunakan layanan Coberry. Data tersebut kemudian
diolah dengan menggunakan metode text analytic, yaitu topic modelling dengan
algoritma Latent Dirichlet Allocation (LDA) menggunakan tools coding environment
Google Colab.
Hasil penelitian menjelaskan bahwa faktor performa mesin, pengereman,
handling, serta desain sporty merupakan daftar prioritas faktor menurut pabrikan resmi.
Selanjutnya faktor performa mesin, desain sporty, serta handling merupakan daftar
prioritas faktor menurut jurnalis otomotif. Sedangkan faktor desain sporty, performa
mesin, serta harga merupakan daftar prioritas faktor menurut Warganet Indonesia.
Untuk penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode big data analytics lainnya,
baik yang berfokus pada proses prediction, classification, hingga association sehingga
diharapkan dapat menghasilkan output analisis penelitian yang lebih mendalam.
Kata Kunci: Preferensi Konsumen, Sepeda Motor Sport, Topic Modelling, User
Generated Content.