Rumah makan lesehan bambu kuning merupakan sebuah usaha yang bergerak pada bidang industri kuliner. Usaha ini terletak di JL. Raya Sadang Subang No 16 Cisantri, Kec. Cibatu, Purwakarta. Segmen pelanggan yang disasar merupaka penduduk daan pelanggan bisnis yang terdapat di purwakarta. Dalam bisnis, terdapat banyak cara perusahaan untuk menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bisnis saat ini dan memberikan usulan model bisnis baru pada rumah makan lesehan bambu kuning menggunakan Business model canvas, model bisnis ini memungkinkan pemetaan dengan menggunakan sembilan blok yang saling berhubungan. Langkah yang diperlukan untuk memetakan model bisnis ini terlebih dahulu melakukan analisis lingkungan bisnis dan membuat Customer Profile. Langkah selajutnya melakukan analisis SWOT, hasil dari langkah ini digunakan untuk merancang Value Proposition dan Business Model Canvas secara lengkap. Terdapat beberapa perbaikan dalam kesembilan blok model bisnis, yaitu: memperluas customer segmen, mengembangkan value proposition, menambahkan channels dan customer relationship serta melakukan beberapa penyesuaian di blok lain untuk mengembangkan usaha pada bisnis rumah makan tersebut.
Kata kunci: Rumah makan lesehan bambu kuning, Business Model Canvas, SWOT, Customer profile, Analisis lingkungan bisnis, Value propositions Canvas.