Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Qurban (Studi Kasus: DKM Permata Iman, Bandung, Jawa Barat)

MUHAMMAD ILHAM FADHILAH

Informasi Dasar

21.06.115
657.028 54
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Masjid Permata Iman merupakan masjid yang beralamat di komplek Permata Buah Batu Blok C nomor 6A, Lengkong, kecamatan Bojongsoang. Sumber pemasukan di Masjid Permata Iman berasal dari rutinitas infaq warga di komplek Permata Buah batu dan juga ada pemasukan dari hari-hari besar seperti idul adha, shadaqah dari media kotak amal baik, serta pemasukan kegiatan ibadah tertentu seperti zakat di bulan ramadhan dan qurban. Dalam proses pencatatan keuangan, Masjid Permata Iman masih melakukannya secara manual dengan menggunakan Microsoft Excel. Bendahara melakukan sharing informasi transaksi terbaru terkait infaq ataupun shadaqah melalui WhatsApp. Namun, hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kehilangan catatan laporan keuangan dan transaksi yang sudah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem menggunakan metode waterfall dengan pengembangan Software Development Life Cycle (SDLC). Implementasi menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework Codeigniter dan databasenya menggunakan MySQL. Hasil dari penelitian dan implementasi berupa aplikasi berbasis web yang mampu mengelola pencatatan dan juga perhitungan penerimaan Kas, seperti pembayaran zakat, penerimaan Infaq, Shadaqah dan Qurban. Selain itu juga dapat melakukan pencatatan dan perhitungan pengeluaran Kas, Pengeluaran dari kegiatan Operasional Masjid, dan Pengeluaran dari Aktivitas Qurban yang dilakukan oleh DKM Permata Iman. Kata Kunci: Aplikasi berbasis web, Zakat, Infaq, Qurban.

Subjek

ACCOUNTING APPLICATION
 

Katalog

Aplikasi Berbasis Web untuk Pengelolaan Dana Zakat, Infaq, Shadaqah, dan Qurban (Studi Kasus: DKM Permata Iman, Bandung, Jawa Barat)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ILHAM FADHILAH
Perorangan
IRNA YUNIAR, ROCHMAWATI
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Sistem Informasi Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini