PENGEMBANGAN PERMAINAN PANAHAN DENGAN PERMAINAN MEKANIK MENGGUNAKAN ALGORITMA FINITE STATE MACHINE

MUHAMMAD WIDAYAKA ADI PRATAMA

Informasi Dasar

21.04.1866
621.39
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Finite State Machine (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (Kejadian), dan Action (Aksi). Pada olahraga panahan dibutuhkan tempat yang luas dan beragam untuk melakukan olahraga tersebut. Akan tetapi karena keterbatasan lahan dan tempat, keragaman tempat latihan menjadi sedikit. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan aplikasi simulasi panahan dengan menyediakan lingkungan yang dibuat secara virtual dan acak dengan aturan tertentu. Pengembangan perangkat lunak dalam Virtual Reality telah mengalami peningkatan popularitas yang sangat besar berkat adanya Oculus Rift Development Kit, terutama untuk aplikasi permainan. Untuk mendukung implementasi pembuatan permainannya didukung oleh Unity3D. Unity3D adalah sebuah game engine yang berbasis cross-platform dan merupakah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat permainan, arsitektur bangunan dan simulasi terutama digunakan untuk mengembangkan video game 2D dan 3D. Metode yang digunakan sebagai pengacakan objek target yaitu menggunakan Finite State Machine untuk pengacakan objek target dari panahan tersebut. Dalam Tugas Akhir ini, penulis membuat sebuah lingkungan Game Virtual Reality dengan lokasi ukuran asli di jalan depan Lapangan Tenis Telkom University dan disederhanakan menjadi area terbuka. sebagai arena permainan nya dan target yang acak menggunakan Algoritma Finite State Machine. Hasil dari penelitian ini dilakukan beberapa pengujian untuk pengacakan titik lokasi target telah sesuai dengan titik lokasi target yang telah ditentukan dengan tingkat keberhasilan sebesar 100%. Kata Kunci: Finite State Machine, Game, Permainan Engine, Unity, Virtual Reality.

Subjek

COMPUTER ENGINEERING
 

Katalog

PENGEMBANGAN PERMAINAN PANAHAN DENGAN PERMAINAN MEKANIK MENGGUNAKAN ALGORITMA FINITE STATE MACHINE
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD WIDAYAKA ADI PRATAMA
Perorangan
ANTON SISWO RAHARJO ANSORI, TITO WALUYO PURBOYO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini