PERANCANGAN DATA WAREHOUSE DAN DASHBOARD DENGAN METODE KIMBALL BAGIAN SUMBER DAYA MANUSIA INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA

MOCHAMAD ILHAM FANANI

Informasi Dasar

21.04.1870
001.64
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Data Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan data penting pada setiap organisasi termasuk pada Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTelkom Surabaya). Banyak data SDM yang harus dikelola oleh ITTelkom Surabaya seperti data dosen yang meliputi kegiatan tridarma perguruan tinggi maupun data TPA (Tenaga Penunjang Akademik). Data SDM tersebar di banyak sumber data. Permasalahan yang terjadi di ITTelkom Surabaya adalah ketika top level magement ITTelkom Surabaya membutuhkan informasi yang ringkas dan mudah dipahami terkait data SDM. Namun tidak ada dashboard yang bisa menampilkan informasi tersebut, sehingga kepala bagian SDM harus mengelola data secara manual yang diambil dari berbagai sumber untuk menampilkan data yang dibutuhkan.

Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah data warehouse. Berdasarkan penelitian sebelumnya, metode pembuatan data warehouse menggunakan bottom-up approach yang didukung oleh Kimball. Setelah dilakukan analisis dan pembangunan data warehouse kemudian dibuat dashboard SDM dengan menggunakan tools power BI.

Pada tugas akhir ini dihasilkan 9 skema data warehouse yang terdiri dari skema Profil SDM, Presensi SDM, Pelatihan SDM, Pendidikan SDM, Jabatan SDM, Jabatan Fungsional Akademik (JFA) Dosen, Beban Kerja Dosen (BKD), Penelitian Dosen, dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen. Dari skema tersebut dibuat dashboard yang dapat membantu top level management ITTelkom Surabaya untuk melihat informasi mengenai data SDM.

Kata Kunci: Data Warehouse, Dashboard, Kimball, Sumber Daya Manusia

Subjek

Data warehousing
 

Katalog

PERANCANGAN DATA WAREHOUSE DAN DASHBOARD DENGAN METODE KIMBALL BAGIAN SUMBER DAYA MANUSIA INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM SURABAYA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMAD ILHAM FANANI
Perorangan
Luciana Andrawina, Rayinda Pramuditya Soesanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, Teknik Industri
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini