Tenis meja merupakan olahraga yang disukai oleh beberapa kalangan baik dari yang muda maupun yang sudah tua. Tenis meja menggunakan bola yang terbuat dari plastik juga disebut bola ping-pong dan pemukul terbuat dari kayu dengan permukaannya dilapisi karet yang disebut bet. Olahraga ini biasanya dimainkan dua orang atau empat orang. Olahraga ini sangat terkenal bahkan ada beberapa organisasi atau klub tentang olahraga ini salah satunya PTM (Persatuan Tenis Meja).
Dalam penelitian ini, dilakukan perancangan sistem kendali robot pelontar bola tenis meja yang mampu menghasilkan jenis lemparan berdasarkan kecepatan, putaran, serta arah tembakan bola. Robot pelontar bola tenis meja ini memiliki kecepatan 2 sampai 20 m/s dan untuk pengarahan dapat bergerak sejauh 45 derajat untuk posisi kiri kanan dan atas bawah. Robot pelontar bola tenis meja ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan pemain melalui latihan mandiri.
Dengan tugas akhir ini diharapkan mampu mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan lebih efisien dalam menggunakan alat robot pelontar bola tenis meja. Robot pelontar bola tenis meja akan di kendalikan secara wireless menggunakan aplikasi android dimana aplikasi ini dapat mengatur kecepatan dan putaran spin bola ping-pong yang di tembak kan oleh robot.
Kata Kunci : Tenis Meja, Pengarahan, Aplikasi APS.