PERFORMANSI JARINGAN RADIO OVER FIBER UNTUK MOBILE COMMUNICATION 5G DENGAN PULSA SOLITON

DAFFA ARDITYO

Informasi Dasar

21.04.1914
621.382 75
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kebutuhan layanan pertukaran informasi yang terus meningkat harus diimbangi dengan peningkatan terhadap kualitas teknologi telekomunikasi. Pertukaran informasi dengan kualitas yang baik membutuhkan media transmisi yang cepat dan handal seperti fiber optic. Aplikasi penggunaan media transmisi fiber optic salah satunya adalah sistem Radio over Fiber (RoF). Sistem RoF pada perkembangannya dapat dikombinasikan dengan mobile communication 5G. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat mewujudkan suatu mobile communication 5G dengan kualitas yang lebih baik.

Untuk meningkatkan sistem transmisi pada mobile communication 5G, optical carrier pada sistem RoF yang umumnya menggunakan laser (light amplification by stimulated emission of radiation) akan diganti dengan pulsa Soliton sebagai pemodulasi sinyal Radio Frequency (RF). Penelitian akan menggunakan software untuk menjalankan simulasi sistem RoF. Pada proses simulasi menggunakan software, akan dilakukan pengubahan dan perhitungan pada beberapa parameter uji yaitu bit rate yang digunakan serta jarak Central Office (CO) dan Remote Access Unit (RAU) yang diwakilkan dengan panjang Single Mode Fiber (SMF) untuk mendapatkan nilai target Bit Error Rate (BER) maksimal sebesar 10-9, Eye Pattern yang terbuka lebar, dan nilai Q factor minimal sebesar 6. Pada hasil dari penelitian ini, diharapkan kualitas dari sistem RoF untuk mobile communication 5G dapat ditingkatkan dengan menggunakan pulsa Soliton sebagai optical carrier pada sistem RoF.

Simulasi Tugas Akhir ini dijalankan dengan 4 skenario. Hasil dari simulasi menunjukkan nilai terbaik terdapat pada skenario pertama dengan bit rate 1 Gbps, frekuensi sinyal Radio Frequency (RF) 2.5 GHz, frekuensi pulsa Soliton 228.8 Thz, wavelength pulsa Soliton dan Single Mode Fiber 1310 nm, yang menghasilkan nilai Q factor sebesar 19.9286 dan nilai Bit Error Rate (BER) sebesar 1.07441×10-88, serta eye pattern yang terbuka lebar.

Subjek

OPTICAL-FIBER COMMUNICATION
 

Katalog

PERFORMANSI JARINGAN RADIO OVER FIBER UNTUK MOBILE COMMUNICATION 5G DENGAN PULSA SOLITON
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DAFFA ARDITYO
Perorangan
AKHMAD HAMBALI, M. IRFAN MAULANA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Telekomunikasi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini