Kotama Shoes merupakan UKM yang bergerak di bidang pembuatan dan
penjualan sepatu. Persaingan berdatangan banyak, mulai dari luar negeri, luar
kota, persaingan proses penjualan offline maupun online. Karena banyaknya
persaingan, maka Kotama Shoes ingin meningkatkan kinerjanya di bidang online
dengan tujuan memasarkan produk hingga luar daerah. Adapun komunikasi
pemasaran yang akan digunakan adalah Instagram. Instagram Kotama Shoes dirasa
masih kurang untuk memenuhi keinginan calon pelanggan, sehingga dilakukan
penelitian menggunakan Information Quality dan Model Refined Kano. Dimensi
yang digunakan dalam penelitian ini ada enam, yaitu relevance, accessibility,
timeliness, completeness, intrinsic, dan creative integration. Berdasarkan enam
dimensi di atas, didapatlah 18 atribut yang terbagi menjadi dua, yaitu atribut kuat
dan atribut lemah. Atribut kuat sebanyak 12 dan atribut lemah sebanyak enam.
Atribut kuat menjadi true customer needs yang harus diprioritaskan. Rekomendasi
atribut kebutuhan dirumuskan berdasarkan integrasi information quality dan
refined kano.
Kata kunci — Instagram, Information Quality, Model Refined Kano, True
Customer Needs