Rumah Korea merupakan toko online yang bergerak di bidang kecantikan dengan menawarkan berbagai variasi produk skincare dan makeup yang berasal dari negara Korea Selatan. Selama menjalankan bisnisnya, Rumah Korea memiliki beberapa kendala diantaranya adalah penurunan pendapatan yang cukup cepat pada tahun 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu tahun 2019. Permasalahan lainnya adalah keterbatasan stok dan variasi produk yang dijual sehingga seringkali tidak dapat memenuhi permintaan konsumen, kurangnya sumber daya manusia dalam proses bisnisnya dan minimnya upaya pemasaran yang dilakukan Rumah Korea. Untuk dapat bertahan, perlu ada evaluasi model bisnis perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model bisnis yang ada di toko online Rumah Korea dengan menggunakan kerangka Business Model Canvas. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah Business Model Canvas perusahaan saat ini, analisis lingkungan bisnis, serta customer profile. Selanjutnya data tersebut diolah untuk melakukan analisis SWOT. Hasil dari analisis SWOT dapat membantu untuk merancang pengembangan bisnis dan strategi pengembangan ini yang akan diterjemahkan ke dalam usulan Business Model Canvas. Perbaikan yang dihasilkan pada Rumah Korea terdapat di bagian blok channels, value proposition, revenue stream, key activities, key resources, key partnerships dan cost structure.
Kata kunci: Business model, Business Model Canvas, customer profile, analisis SWOT, analisis lingkungan, Rumah Korea