PERANCANGAN PROTOTIPE KONVERSI ENERGI SUARA MENJADI ENERGI LISTRIK DENGAN BAHAN PIEZOELEKTRIK MEMANFAATKAN ENERGI TEKANAN TAMBAHAN YANG BERASAL DARI ANGIN UNTUK KAWASAN INDUSTRI

JUAN ALDO HASIBUAN

Informasi Dasar

21.04.1972
621.31
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Energi terbarukan dapat tercipta dengan melakukan penelitian dengan sumber energi yang berasal dari air, angin, suara, nuklir dll. Suara merupakan energi mekanik yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif dalam melakukan penelitian tersebut, dengan demikian energi suara dapat dikonversi menjadi energi listrik. Sumber energi yang digunakan berasal dari speaker dan menggunakan energi angin. Penelitian ini memiliki beberapa tujuan yaitu mengkonversi energi suara menjadi energi listrik dengan energi tekanan tambahan, dan merancang sebuah prototype konversi energi suara dan energi tekanan tambahan menjadi energi listrik. Penelitian ini juga memiliki beberapa batasan yaitu penelitian hanya dibuat guna mewujudkan sumber energi listrik alternatif yang menghasilkan arus dan tegangan, dan perancangan protoype dengan keluaran berbentuk hybrid. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah prototype konversi energi suara menjadi energi listrik dengan bantuan material piezoelectric dimana material piezoelektrik dapat mentransformasi energi mekanik menjadi energi listrik yang setara dengan piezoelectric effect. Sumber energi yang akan dimanfaatkan pada penelitian ini adalah energi suara yang berasal dari speaker. Suara yang dihasilkan dari speaker tersebut dapat dijadikan sumber energi suara yang akan dikonversikan menjadi energi listrik. Pada penelitian ini hanya sebatas skala lab. Pada penelitian ini terdapat input dan output, input pada penelitian ini yaitu energi suara dan energi angin yang pada akhirnya akan berbentuk energi hybrid.

Pada pengujian energi suara murni dilakukan pengujian sebanyak 5 pengujian. Untuk setiap pengujian dibagi menjadi beberapa intensitas bunyi sampai intensitas bunyi terakhir, dengan intesitas bunyi 70 – 110dB. Dan setelah dilakukan pengujian arus listrik dan tegangan listrik didapatkan arus listrik dan tegangan listrik maksimal pada intensitas bunyi 100 – 110dB yaitu 1,1448V dan 0,045µA.

Pada pengujian energi angin murni setelah dilakukan pengujian dengan perbedaan kecepatan angin 4m/s dan 5m/s dapat disimpulkan bahwa output hasil lebih tinggi pada kecepatan angin 5m/s dibandingkan pada kecepatan angin 4m/s yaitu 0,53V dan 39,6µA. Dan jika menggunakan energi angin jarak yang paling maksimal ±70cm dari sumber untuk memaksimalkan output.

Pada pengujian energi hybrid menggunakan dua kapasitor yaitu kapasitor 10µF dan 22µF. Dari data pengujian metode hybrid menggunakan 10µF lebih maksimal jika dibandingkan dengan 22µF yaitu 1,27V dan 308,60 µA. Dan jika menggunakan energi angin jarak yang paling maksimal ±70cm dari sumber untuk memaksimalkan output.

Kata kunci: Piezoelektrik, energi suara, energi angin, energi hybrid, energi listrik, konversi energi, protoype

Subjek

ELECTRICAL ENGINEERING-MATERIALS
 

Katalog

PERANCANGAN PROTOTIPE KONVERSI ENERGI SUARA MENJADI ENERGI LISTRIK DENGAN BAHAN PIEZOELEKTRIK MEMANFAATKAN ENERGI TEKANAN TAMBAHAN YANG BERASAL DARI ANGIN UNTUK KAWASAN INDUSTRI
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

JUAN ALDO HASIBUAN
Perorangan
Cahyantari Ekaputri, Sudarmono Sasmono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Elektro
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini