PT XYZ merupakan sebuah perusahaan keluarga yang telah berdiri sejak tahun
1996 hingga sekarang yang menjual produk hose (pipa lentur) dan jasa machining
yang berlokasi di Jl Pasir Sari, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Sasaran dari
perusahaan ini adalah pelanggan bisnis yang bergerak di industri manufaktur,
otomotif, dan baja. Selama menjalankan bisnis PT XYZ mengalami beberapa
kendala yaitu penurunan pendapatan karena turunnya permintaan, ketidaksesuaian
antara persediaan barang dengan order yang masuk, keterbatasan promosi, dan
perusahaan hanya mengandalkan pelanggan yang sudah ada sekarang. Untuk dapat
bertahan di tengah situasi ekonomi yang terpengaruh pandemi, perusahaan perlu
melakukan evaluasi atas model bisnis perusahaan agar perusahaan dapat
melanjutkan aktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan
melakukan perancangan model bisnis yang ada saat ini di PT XYZ dengan
menggunakan Business Model Canvas. Langkah-langkah yang diperlukan adalah
melakukan pengumpulan data berupa pemetaan model bisnis perusahaan saat ini,
analisis lingkungan, dan melakukan customer profiling yang berguna untuk
melakukan analisis SWOT dan merancang strategi bisnis, yang nantinya akan
mempengaruhi rancangan value proposition dan usulan model bisnis yang baru.
Terdapat beberapa perbaikan yang diusulkan pada model bisnis yang baru di
antaranya terdapat di blok channel, key activities, customer relationship, dan value
proposition. Selain itu, dilakukan juga beberapa penyesuaian di beberapa blok
model bisnis yang terpengaruh dengan usulan yang ada.
Kata Kunci: Model bisnis, Business model canvas, Value proposition, Analisis
lingkungan, Customer profiling, SWOT, dan perusahaan