SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT MAKAN DI BANDUNG DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER OF PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

CHRISTINE YUNITA HUTAGALUNG

Informasi Dasar

21.04.2164
658.403 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Banyak variasi tempat makan maka akan berbanding lurus dengan berbagai macam bentuk tempat makan yang bisa dinilai keanekaragaman nya mulai dari jenis makanan, rating, harga, bintang, bahkan sampai dengan jarak. Dengan banyaknya pilihan tempat dan jenis makanan kita sering dibuat kebingungan untuk menentukan pilihan. Dan untuk para wisatawan yang berkunjung ke kota Bandung akan mengalami masalah karena merasa kurang mengenal lingkungan daerah Bandung dan menjadi sulit untuk memilih tempat makan yang bagus dan sesuai dengan yang mereka pikirkan. Pada penelitian ini dibuat sistem pendukung keputusan tempat makan yang dilakukan dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution). Sistem TOPSIS melakukan perangkingan alternatif berdasarkan prioritas nilai kedekatan relatif suatu alternatif terhadap solusi ideal positif dan solusi ideal negatif. TOPSIS ditentukan pada nilai kriteri dengan sifat benefit dan cost serta pemberian bobot pada setiap kriteria. Data tempat makan yang digunakan dalam sistem di ambil dari situs Zomato. Pengujian sistem dilakukan dengan menggunakan 2 jenis pengujian yaitu pengujian alpha dan pengujian beta.

Kata Kunci: TOPSIS, Tempat makan, decision support systems.

Subjek

DECISION SUPPORT SYSTEMS
Information - management,

Katalog

SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TEMPAT MAKAN DI BANDUNG DENGAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER OF PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CHRISTINE YUNITA HUTAGALUNG
Perorangan
Roswan Latuconsina, Anggunmeka Luhur
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini