Penelitian yang dilakukan berisikan tentang perancangan promosi untuk layanan jasa laundry bernama Jourdan Laundry yang terletak di Cilandak, Jakarta Selatan dengan cara optimalisasi konten Instagram yang menjawab rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana perancangan strategi kreatif yang tepat untuk Jourdan Laundry dan juga bagaimana strategi media dan visual yang tepat untuk media sosial Instagram Jourdan Laundry. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan atau mengembalikan pendapatan Jourdan Laundry yang sebelumnya mengalami penurunan sebanyak 50% dikarenakan pandemi COVID-19 yang sedang marak terjadi.
Metode penelitian yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara dan literatur. Data yang didapat di analisa menggunakan teknik SWOT (Strength- Weakness-Opportunity-Threat) dan AOI (Activity-Opinion-Interest) yang memfokuskan pada produk dan konsumen yang nantinya dijadikan pedoman untuk desain yang akan dibuat pada hasil penelitian. Semua hal diatas dapat dipertanggungjaswabkan dengan teori-teori yang dipakai atau bisa disebut teori- teori tersebut dijadikan landasan dari penelitian.
Pada akhirnya, penelitian ini akan membuahkan hasil yaitu desain dan konten yang akan dipublikasi pada akun sosial media Instagram. Hasil penelitian ini adalah jawaban dari rumusan masalah dan tujuan dari penelitian ini dilakukan.
Kata kunci: promosi, metode penelitian, desain, konten, Instagram.