PENGARUH KOMPENSASI EKSEKUTIF, RISIKO LITIGASI, DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

IHZA TAQI ADANI

Informasi Dasar

21.04.2168
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Informasi laba merupakan informasi yang sangat penting dalam mencerminkan kondisi perusahaan selama satu periode dan menjadi dasar pengambilan keputusan para investor. Manajer cenderung mempermainkan laba agar kondisi perusahaan terlihat baik oleh investor ataupun untuk kepentingan pribadi manajer yang nantinya akan merugikan orang lain. Tindakan tersebut biasa dikenal sebagai manajemen laba Manajemen laba adalah upaya manajer dalam menggunakan wewenangnya untuk mengubah pelaporan laporan keuangan berdasarkan kerangka prosedur akuntansi dengan tujuan tertentu. Hal tersebut yang membuat manajemen laba tidak dapat diterima umum apabila dilakukan dengan tujuan tertentu dan tidak berdasarkan prinsip akuntansi. Oleh karena itu, manajemen laba sering dianggap sebagai tindakan yang akan merugikan pengguna laporan keuangan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi eksekutif, risiko litigasi dan profitabilitas terhadap manajemen laba secara simultan dan parsial. Populasi pada penelitian ini yaitu sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan metode pursposive sampling sehingga diperoleh 33 perusahaan dengan periode pengamatan selama empat tahun atau terdapat 132 data observasi. Dari 132 data observasi ditemukan adanya 28 data outlier yang mengganggu dan dikeluarkan dari sampel penelitian sehingga ditemukan 104 data observasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 11. Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan variabel kompensasi eksekutif, risiko litigasi dan profitabilitas berpengaruh terhadap manajemen laba. Secara parsial, profitabilitas berpengaruh positif terhadap manajemen laba. Sementara kompensasi eksekutif dan risiko litigasi tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Penelitian ini memiliki keterbatasan dan kekurangan yang dialami yaitu kurangnya perusahaan yang menerbitkan laporan keuanganya secara konsisten pada tahun penelitian sehingga peneliti harus mengeluarkannya dari sample. Bagi peneliti selanjutnya penelitian ini diharapkan sebagai saran untuk memperluas referensi melakukan penelitian mengenai manajemen laba dan dapat menggunakan variabel lain atau mengubah objek penelitian serta menggunakan periode pengamatan yang berbeda untuk memperoleh hasil yang lebih akurat. Kata Kunci: Kompensasi Eksekutif, Manajemen Laba, Profitabilitas, Risiko Litigasi

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
PROFIT MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH KOMPENSASI EKSEKUTIF, RISIKO LITIGASI, DAN PROFITABILITAS TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Properti dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IHZA TAQI ADANI
Perorangan
ELLY SURYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini