PERANCANGAN SEKOLAH KREATIF, SD MUHAMMADIYAH 1 MENGANTI GRESIK, DENGAN PENDEKATAN ANALOGI KEGIATAN AKTIF KREATIF

DHATRI AQILA KHANSA

Informasi Dasar

21.04.2172
741.05
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

SD Muhammadiyah 1 Menganti, merupakan sekolah dengan jenis Sekolah Kreatif. Mengedepankan konsep pembelajaran unggulan berupa, konsep pembelajarn edukatif dan aplikatif. Konsep pembelajaran edukatif memiliki artian proses pembelajaran yang dilakukan secra menarik dan pada akhirnya akan memberikan kesan yang baik bagi siswanya. Sedangkan konsep aplikatif adalah, pembelajaran yang dilakukan berupa kegiatan aktif yang mengajak siswa mempraktikan langsung materi pembelajaran, seperti dalam kegiatan outdoor class.

Namun kenyataanya sampai dengan saat ini, pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Menganti belum dapat menjalankan progam unggulan sekolah. Beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya adalah desain ruang yang melibatkan siswa, belum terdesain dengan baik untuk menunjang konsep pembelajaran yang diinginkan. Desain ruang yang saat ini ditemui pada exiting memiliki tatanan yang konvesional seperti layaknya sekolahan umum, padahal jenis sekolah kreatif harusnya dapat memberikan suasana yang berbeda. Dengan progam unggulan sekolah dan jenis sekolah, desain ruang pembelajaran semestinya dapat berperan langsung dalam proses pembelajaran, dan tidak hanya mengandalkan media praktik berupa alat peraga.

Maka dari itu perlu dilakukan redesain pada ruang pembelajaran di SD Muhammadiyah 1 Menganti, yang mampu menjawab permasalahan yang ditemui di sekolahan. Melalui pendekatan analogi kegitan aktif dan kreatif, desain ruang dapat diciptakan menarik lebih dari sekedar tempat menaungi aktifitas pembelajaran, dan ruangan bisa dijadikan juga sebagai media parktik materi secara langsung.

Subjek

DESAIN INTERIOR
KREATIF,

Katalog

PERANCANGAN SEKOLAH KREATIF, SD MUHAMMADIYAH 1 MENGANTI GRESIK, DENGAN PENDEKATAN ANALOGI KEGIATAN AKTIF KREATIF
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DHATRI AQILA KHANSA
Perorangan
Djoko Murdowo, Ardianto Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Desain Interior
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini