PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)

ELZA AGUSTIA PRANIDIA

Informasi Dasar

21.04.2177
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Tujuan utama perusahaan yaitu dapat meningkatkan nilai perusahaan. Nilai perusahaan dianggap sebagai tolok ukur terhadap tingkat kesuksesan manajemen dalam mengelola sumber daya perusahaan. Nilai perusahaan menggambarkan kepercayaan pasar terhadap kinerja perusahaan saat ini serta prospek terhadap perusahaan dimasa depan. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi nilai perusahaan yaitu profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal yang masing-masing diukur menggunakan Return of Asset (ROA), Current Ratio (CR), dan Debt to Equity Ratio (DER). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal terhadap nilai perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Data dalam penelitian ini merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan tahun 2016-2019. Populasi dalam penelitian ini yaitu sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Teknik pemlihan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dan memperoleh 23 sampel perusahaan. metode analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews versi 11. Berdasarkan hasil penelitian, profitabilitas, likuiditas, dan struktur modal secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Secara parsial profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Sedangkan, struktur modal dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016-2019. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, perusahaan sektor industri barang konsumsi sudah mampu menggunakan dan mengelola aset perusahaan dengan efektif dan efisien dalam membuat laba perusahaan. Peningkatan profitabilitas akan meningkatkan nilai perusahaan. Sehingga, investor bisa tertarik untuk berinvestasi pada perusahaan karena adanya peningkatan nilai perusahaan.

Kata Kunci: Profitabilitas, Likuiditas, Struktur Modal, dan Nilai Perusahaan.

Subjek

MANAGEMENT ACCOUNTING
ACCOUNTING AND FINANCE,

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Kasus pada Perusahaan Sektor Industri Barang Konsumsi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ELZA AGUSTIA PRANIDIA
Perorangan
DEWA PUTRA KHRISNA MAHARDIKA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini