Pengaruh Profitabilitas, Good Corporate Governance, dan Umur Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 - 2019)

CATHRYN NABIILA ARDIANTO

Informasi Dasar

21.04.2178
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan nilai yang dibayar oleh pembeli seandainya perusahaan tersebut dijual, nilai tersebut ditunjukkan melalui harga saham perusahaan tersebut. Nilai perusahaan sangat penting karena menggambarkan kinerja perusahaan sehingga dapat mempengaruhi pandangan investor terhadap perusahaan. Nilai perusahaan yang meningkat akan memberikan kepercayaan kepada para investor mengenai kinerja perusahaan hari ini dan masa yang akan datang. Pada penelitian ini, nilai perusahaan diukur dengan rasio PBV (Price Book Value). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, good corporate governance (GCG), dan umur perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 – 2019. Populasi dalam penelitian ini perusahaan infrastruktur, utilitas, dan transportasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2015 sampai dengan 2019. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan penulis memperoleh 48 perusahaan sektor infrastruktur, utilitas, dan transportasi dalam kurun waktu 5 tahun dan memperoleh 240 sampel yang diobservasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 11. Berdasarkan hasil penelitian, profitabilitas, dewan direksi, dewan komisaris independen, dan umur perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan secara parsial, sedangkan dewan direksi, dewan komisaris independen, dan umur perusahaan tidak bepengaruh terhadap nilai perusahaan secara parsial.
Berdasarkan hasil tersebut, bagi calon investor disarankan dalam mengambil keputusan berinvestasi agar dapat melihat dan mempertimbangkan kembali nilai rasio profitabilitas dan bagi perusahaan disarankan agar dapat meningkatkan implementasi good corporate governance (GCG) dengan cara menerapkan GCG serta menjalankan tugas dewan direksi dan dewan komisaris independen secara efektif agar dapat meningkatkan nilai perusahaan.

Kata kunci: Dewan Direksi, Dewan Komisaris Independen, Nilai Perusahaan, Profitabilitas, Umur Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
ACCOUNTING,

Katalog

Pengaruh Profitabilitas, Good Corporate Governance, dan Umur Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Sektor Infrastruktur, Utilitas, dan Transportasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2015 - 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CATHRYN NABIILA ARDIANTO
Perorangan
LENY SUZAN
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini