PENGARUH KUALITAS AUDIT, FINANCIAL DISTRESS DAN DEBT DEFAULT TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Perusahaan Industri Jasa Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

MUHAMMAD YUSUF RIZKY

Informasi Dasar

21.04.2191
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Going concern opini audit adalah laporan audit wajar tanpa pengecualian dengan paragraf akan meningkatkan kekhawatiran bahwa jika ada auditor tentang kelangsungan hidup usaha perusahaan tetapi manajemen memiliki rencana untuk mengatasi kondisi tersebut. Opini audit going concern yang didapatkan oleh sebuah perusahaan menunjukan adanya kondisi dan peristiwa yang dapat menimbulkan keraguan auditor akan kelangsungan hidup perusahaan. Opini audit going concern dapat digunakan sebagai peringatan awal bagi para pengguna laporan keuangan untuk menghindari kesalahan dalam mebuat keputusan. Opini audit going concern dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh secara simultan dan parsial antara kualitas audit, financial distress, dan debt default terhadap penerimaan opini audit going concern pada perusahaan industri jasa sub sektor transportasi yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling dan diperoleh sebanyak 80 data penelitian. Analisis data penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas audit, financial distress, dan debt default secara simultan berpengaruh terhadap opini audit going concern. Sedangkan secara parsial kualitas audit berpengaruh negatif terhadap opini audit going concern. Financial distress dan debt default tidak berpengaruh terhadap opini audit going concern. Penelitian ini diharapkan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi opini audit going concern, selain itu penelitian ini dapat dijadikan wawasan untuk memprediksi opini audit going concern yang dipengaruhi oleh kualitas audit, financia distress, dan debt default. Oleh karena itu, diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh antara variabel kualitas audit, financial distress, dan debt default terhadap opini audit going concern.

Kata Kunci: Debt Default, Financial Distress, Kualitas Audit, Opini Audit Going Concern

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH KUALITAS AUDIT, FINANCIAL DISTRESS DAN DEBT DEFAULT TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris Perusahaan Industri Jasa Sub Sektor Transportasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD YUSUF RIZKY
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini