PENGARUH PROFITABILITAS, FREE CASH FLOW, DAN LIQUIDITY TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN Non Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)

CINDY MAYLANDIKA SUHONO

Informasi Dasar

21.04.2192
657.072
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Earnings management merupakan kegiatan yang berhubungan langsung dengan manajer dalam mengelola perusahaan untuk memaksimalkan atau meminimalkan laba perusahaan sesuai dengan target yang diinginkan oleh manajer. Pada umumnya praktik earnings management dilakukan oleh manajer karena adanya kepentingan tertentu. Terdapat berbagai dorongan yang menyebabkan adanya earnings management seperti untuk menarik minat investor dan kompensasi atau bonus yang akan di dapatkan oleh manajer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari profitabilitas, free cash flow, dan liquidity terhadap earnings management pada perusahaan BUMN Non Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-2019. Fenomena menggunakan metode studi kasus pada tahun berbeda pada tahun 2015 dan 2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan BUMN Non Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dan data yang digunakan sebanyak 15 perusahan dalam 5 tahun maka didapatkan 75 sampel penelitian. Data yang digunakan didapatkan dari laporan keuangan tahunan perusahaan. Metode analisis yang digunakan adalah regresi data panel menggunakan software Eviews 11. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, free cash flow, dan liquidity berpengaruh secara simultan terhadap earnings management. Variabel profitabilitas dan free cash flow berpengaruh secara parsial terhadap earnings management. Sedangkan variabel liquidity tidak berpengaruh secara parsial terhadap earnings managament. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah variabel lainnya yang diduga dapat berpengaruh terhadap earnings management. Diharapkan profitabilitas dan free cash flow dapat diperhatikan karena kedua variabel ini terbukti memiliki pengaruh terhadap earnings management pada perusahaan BUMN Non Perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Kata kunci : earnings management, profitabilitas, free cash flow, dan liquidity.

Subjek

ACCOUNTING AND FINANCE
EARNINGS, PROFITABILITY-FINANCIAL MANAGEMENT,

Katalog

PENGARUH PROFITABILITAS, FREE CASH FLOW, DAN LIQUIDITY TERHADAP EARNINGS MANAGEMENT (Studi Kasus Pada Perusahaan BUMN Non Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

CINDY MAYLANDIKA SUHONO
Perorangan
Muhammad Muslih, Febrial Pratama
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini