PENGARUH INTEGRATED REPORTING DAN DIVERSIFIKASI PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015 - 2019)

FARRAS ASHILAH

Informasi Dasar

21.04.2197
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan penggambaran baik atau buruk manajemen dalam mengelola kekayaannya. Penting untuk memperhatikan nilai perusahaan karena diperlukan agar perusahaan dapat lebih berkembang. Nilai perusahaan bukan hanya mengenai memaksimalkan keuntungan, tetapi juga tentang bagaimana perusahaan tersebut memperhatikan keadaan lingkungan sekitar yang ada, mulai dari lingkungan sosial, alam, maupun ekonomi. Nilai perusahaan dalam penelitian ini diproksikan menggunakan Tobin’s Q. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh integrated reporting dan diversifikasi perusahaan terhadap nilai perusahaan, baik secara simultan maupun parsial terhadap Nilai Perusaahaan pada perusahaan pertambangan yang konsisten terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Faktor-faktor yang di uji dalam penelitian ini adalah integrated reporting dan diversifikasi sebagai variabel independen sedangkan nilai perusahaan sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang konsisten terdaftar diBursa Efek Indonesia periode 2015-2019. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berupa laporan tahunan dan laporan keuangan. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dan diperoleh 25 sampel perusahaan dengan periode pengamatan 5 tahun, sehungga didapat 125 sampel. Analisis statistik menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi data panel yang diolah menggunakan software EViews 9. Berdasarkan hasil pengujian yang di peroleh dari penelitian ini secara simultan variabel integrated reporting dan diversifikasi perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan secara parsial, variabel integrated reporting berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan, dan variabel diversifikasi perusahaan berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan. Penelitian ini masih memiliki keterbatasan, yaitu masih sedikitnya penelitian terdahulu yang menggunakan variabel integrated reporting dan peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel lain diluar penelitian ini atau dapat menggunakan objek lainnya dan memperpanjang periode penelitiannya.

Kata Kunci : Integrated Reporting, Diversifikasi Perusahaan, Nilai Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING
ACCOUNTING AND FINANCE,

Katalog

PENGARUH INTEGRATED REPORTING DAN DIVERSIFIKASI PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Sektor Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2015 - 2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FARRAS ASHILAH
Perorangan
ELLY SURYANI
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini