Laporan keuangan memberikan informasi yang berisi gambaran kondisi keuangan dan kinerja perusahaan selama periode akuntansi. Kinerja perusahaan tersebut dapat tercermin pada laporan laba/rugi. Informasi mengenai laba perusahaan penting sebagai dasar pengambilan keputusan investasi yang akan dilakukan investor.
Laba perusahaan seringkali menjadi target pihak manajemen perusahaan, dengan meminimalkan atau memaksimalkan laba. Manajemen laba merupakan upaya manajemen perusahaan untuk mempengaruhi informasi dalam laporan keuangan dengan tujuan mengelabui stakeholder yang ingin mengetahui kinerja dan kondisi perusahaan.
Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas audit, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah manajemen laba. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan bagaimana kualitas audit, leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan dan manajemen laba dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan dan parsial antara kualitas audit, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan data sekunder dengan populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2016-2019 dengan kriteria menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas audit, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh terhadap manajemen laba. Secara parsial, leverage dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan kualitas audit dan ukuran perusahaan berpengaruh tidak signifikan terhadap manajemen laba.