Pengaruh Gender Diversity, Kebijakan Dividen dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)

MUHAMMAD ZIAUL-HAQ

Informasi Dasar

21.04.2200
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan tujuan jangka panjang dari perusahaan. Meningkatnya nilai perusahaan dapat dilihat dari harga saham. Harga saham yang stabil dan harga saham maka nilai perusahaan dianggap semakin baik. Nilai perusahaan dapat menggambarkan baik atau tidaknya kinerja perusahaan, sehingga berdampak pada ketertarikan investor dalam berinvestasi di perusahaan. Harga saham yang meningkat dan stabil dapat menarik investor untuk menanamkan modal sehingga memberikan dampak bagi peningkatan nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh gender diversity, kebijakan dividen dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan secara simultan dan parsial. Populasi pada penelitian ini yaitu perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2016-2019. Pemilihan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 14 perusahaan dengan pengamatan selama empat tahun. Metode pengolahan data yang digunakan adalah statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi data panel, uji t, uji f dan uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan software Eviews 9.0. Hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa secara simultan gender diversity, kebijakan dividen dan corporate social responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Secara parsial, kebijakan dividen berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan gender diversity dan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperpanjang periode penelitian, mengganti objek penelitian dan mengganti variabel independen seperti profitabilitas, kebijakan investasi, good corporate governance dan lainnya. Bagi manajemen perusahaan diharapkan dapat meningkatkan kebijakan dividen karena dapat meningkatkan nilai perusahaan. Bagi investor hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan referensi dalam pengambilan keputusan untuk berinvestasi di perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Gender Diversity, Kebijakan Dividen, Nilai Perusahaan.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Gender Diversity, Kebijakan Dividen dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MUHAMMAD ZIAUL-HAQ
Perorangan
Elly Suryan
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini