Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Board Diversity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Farmasi yangTerdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019)

PUSPA ARZAK DWI LESTARI

Informasi Dasar

21.04.2204
657
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Nilai perusahaan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi perusahaan karena nilai perusahaan dapat menjadi persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan yang dikaitkan dengan nilai harga saham. Meningkatnya nilai perusahaan akan diikuti dengan meningkatnya harga saham yang akan mencerminkan kemakmuran pemegang saham. Nilai perusahaan bisa menjadi pandangan bagi investor terhadap tingkat keberhasilan manajer dalam mengelola sumber daya perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas (ROE), leverage (DAR), dan board diversity terhadap nilai perusahaan (PBV) pada perusahaan manufaktur sub sektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2014-2019. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Perusahaan manufaktur subsektor farmasi periode 2014-2019 merupakan populasi yang digunakan dalam penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 7 perusahaan dengan periode penelitian selama 6 tahun, sehingga purposive sampling diperoleh 42 data sampel. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh secara simultan antara variabel profitabilitas, leverage dan board diversity terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas dan board diversity tidak berpengaruh secara parsial terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage berpengaruh positif secara parsial terhadap nilai perusahaan. Berdasarkan hasil penelitian, perusahaan disarankan untuk lebih memperhatikan dalam peningkatan nilai perusahaan dengan mempertimbangkan leverage. Sedangkan, untuk investor diharapkan dapat berinvestasi pada perusahaan yang memiliki rasio leverage yang tinggi. Karena leverage yang tinggi mencerminkan nilai perusahaan yang tinggi. Kata kunci: board diversity, leverage, nilai perusahaan, profitabilitas.

Subjek

ACCOUNTING
 

Katalog

Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Board Diversity Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Farmasi yangTerdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

PUSPA ARZAK DWI LESTARI
Perorangan
KHAIRUNNISA
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini