PENGARUH TOTAL AKTIVA, LABA RUGI OPERASI DAN OPINI AKUNTAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Kasus Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)

DIMAS PATIH WASKITO

Informasi Dasar

21.04.2205
657.45
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK Perusahaan sektor perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia merupakan sektor perusahaan terbanyak yang mengalami Audit Delay selama periode 2017-2019. Terdapat 15 perusahaan yang mengalami keterlambatan audit selama periode 2017-2019 . Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah terdapat pengaruh parsial maupun simultan dari variabel Total Aktiva, Laba Rugi Operasi dan Opini Akuntan terhadap audit delay pada perusahaan sektor perdagangan, jasa dan investasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2017-2019. Pengukuran dari setiap variabel didapat dari laporan tahunan perusahaan pada periode yang telah ditentukan. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling, terdapat 357 sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi data panel untuk pengolahan data dengan menggunakan bantuan Software Eviews 12. Hasil hipotesis yang telah dilakukan menunjukan bahwa secara simultan Total aktiva, laba rugi operasi dan opini akuntan terhadap audit delay. Sedangkan secara parsial Total aktiva tidak berpengaruh terhadap audit delay, Laba Rugi Operasi berpengaruh positif terhadap audit delay dan Opini Akuntan berpengaruh negatif terhadap audit delay. Terdapat beberapa perusahaan yang mengalami audit delay tetapi tidak konsisten dalam menyampaikan laporan keuangan pengauditan sehingga berdampak pada berkurangnya sampel dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Audit Delay, Total Aktiva, Laba Rugi Operasi, Opini Akuntan

Subjek

AUDITING
 

Katalog

PENGARUH TOTAL AKTIVA, LABA RUGI OPERASI DAN OPINI AKUNTAN TERHADAP AUDIT DELAY (Studi Kasus Perusahaan Sektor Perdagangan, Jasa dan Investasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIMAS PATIH WASKITO
Perorangan
DEDIK NUR TRIYANTO
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Akuntansi
Bandung
2021

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini