Sepatu kets adalah produk fashion. Pertumbuhan penjualan industri brand sneakers lokal di Indonesia mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Karena beberapa faktor. Dari sini, para pelaku usaha produk sneaker dalam negeri memiliki peluang yang sangat baik untuk mengembangkan produknya dengan merek dalam negeri untuk bersaing dengan merek asing yang menguasai pasar terlebih dahulu. Oleh karena itu pelaku usaha harus mengetahui apa yang diinginkan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kombinasi atribut yang paling mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih sneakers merek lokal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan menggunakan metode analisis siam. Pengambilan sampel menggunakan metode non- probability purposive sampling. Penelitian ini didasarkan pada data primer yang dilakukan melalui survei terhadap 395 konsumen sneakers merek lokal. Hasil identifikasi berupa atribut harga, model, kenyamanan, bahan, keawetan, dan bentuk poros yang digunakan untuk mengevaluasi sepatu merek lokal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 395 responden mengidentifikasi bahwa kombinasi atribut yang paling sesuai dengan preferensi konsumen saat memilih sepatu merek lokal, sepatu kets murah, kenyamanan tinggi, bahan kanvas/kain, daya tahan lebih dari satu tahun, dan bentuk rendah. Atribut esensial adalah atribut kenyamanan sepatu kets, dengan nilai kepentingan 29,808%.
Kata Kunci : Preferensi, Konsumen, Sepatu Kets, Lokal, Merek, Analisis Konjoin.